248 Rumah Rusak Akibat Gempa di Sumedang, Pj Gubernur Jabar: Tak Ada Korban Jiwa

Selasa, 02 Januari 2024 - 07:33 WIB
loading...
248 Rumah Rusak Akibat Gempa di Sumedang, Pj Gubernur Jabar: Tak Ada Korban Jiwa
Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin usai dirinya meninjau langsung pengungsi dan sejumlah titik lokasi terdampak gempa di Sumedang, Senin (1/1/2024). Foto/Agung Bakti S/MPI
A A A
SUMEDANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar), Bey Machmudin memastikan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa gempa bumi magnitudo 4,8 yang terjadi di Kabupaten Sumedang pada Minggu (31/12/2023) malam.

Kepastian itu disampaikan Bey Machmudin usai dirinya meninjau langsung sejumlah titik lokasi terdampak gempa Sumedang, Senin (1/1/2024). Dalam kesempatan itu ia juga mengungkap sebanyak 248 rumah rusak akibat gempa tersebut.

"Tadi menurut laporan ada 138 rumah rusak ringan, 110 rusak berat, dan 456 pengungsi. Korban jiwa tidak ada, hanya luka ringan 11 orang dan 2 orang di antaranya dirawat di RSUD Sumedang dan Santosa Bandung, sisanya sudah pulang ke rumah masing-masing," ucap Bey.

Bey mengatakan, salah satu lokasi yang terdampak gempa cukup parah dan menjadi fokus penanganan adalah RSUD Sumedang.



"Kami juga meninjau ke RSUD Sumedang. Saya lihat penanganannya sudah baik yang utama adalah keselamatan dan ketenangan pasien, jadi dipindahkan dulu ke tempat yang aman, memang masih ada pasien di dalam tapi itu berada di bangunan yang aman," ungkapnya.

Bey mengungkapkan, peristiwa gempa bumi ini terjadi secara beruntun di Kabupaten Sumedang. Magnitudo dari masing-masing gempa pun berbeda.

"Sebetulnya kemarin (Minggu 31/12/2023) terjadi 5 kali gempa di Sumedang, namun setelah gempa yang ketiga kekuatannya semakin rendah yaitu sekitar 2 magnitudo, tentunya kita berharap tidak terjadi lagi gempa susulan," terangnya.

Bey pun turut menyampaikan duka mendalam dan keprihatinan atas gempa yang mengguncang Sumedang di penghujung 2023. Adapun 108 pasien telah dievakuasi dan dirawat di halaman depan RSUD Sumedang dan 45 pasien di halaman belakang.

"Atas nama masyarakat dan Pemerintah kami menyampaikan rasa duka dan prihatin atas terjadinya gempa ini. Tadi malam kami langsung koordinasi baik dengan Pemkab Sumedang, BNPB, BPBD, TNI, Polri, dan BMKG," tandasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)