Hidup Sejak Zaman Dinosaurus, Spesies Siput Ini Selamat dari Kepunahan

Kamis, 28 Desember 2023 - 20:09 WIB
loading...
Hidup Sejak Zaman Dinosaurus, Spesies Siput Ini Selamat dari Kepunahan
Spesies siput Ini selamat dari kepunahan. FOTO/ WION NEWS
A A A
LONDON - Spesies siput yang diberi nama Ferussina petofiana ini selamat dari kepunahan massal K-T, yang terjadi sekitar 66 juta tahun yang lalu.



Seperti dilansir dari IFL Science, Kepunahan massal ini disebabkan oleh tabrakan asteroid besar di Meksiko, yang menyebabkan kepunahan dinosaurus dan banyak spesies lainnya.

Fosil Ferussina petofiana ditemukan di Hațeg Basin, Rumania. Fosil ini menunjukkan bahwa spesies ini memiliki cangkang yang kuat dan tahan terhadap benturan. Hal ini mungkin membantu spesies ini untuk bertahan hidup dari dampak asteroid.

Selain itu, Ferussina petofiana juga hidup di lingkungan yang beragam, termasuk hutan, padang rumput, dan rawa. Hal ini mungkin membantu spesies ini untuk bertahan hidup dari perubahan lingkungan yang terjadi setelah kepunahan massal K-T.

Temuan fosil Ferussina petofiana ini menambah pemahaman kita tentang kepunahan massal K-T. Temuan ini menunjukkan bahwa beberapa spesies kecil, seperti siput, dapat bertahan hidup dari peristiwa kepunahan massal yang dahsyat.

Penemuan fosil Ferussina petofiana ini juga menarik karena menunjukkan bahwa siput telah ada di Bumi selama setidaknya 72 juta tahun.

Hal ini menunjukkan bahwa siput adalah salah satu kelompok hewan yang paling sukses di planet ini.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)