Hasil Rapid Test di Malut Baru Screening Awal

Kamis, 30 April 2020 - 16:34 WIB
loading...
Hasil Rapid Test di Malut Baru Screening Awal
Pelaksanaan Rapid test Corona Virus (Covid-19) secara massal untuk wilayah Maluku Utara, saat ini masih terus dilakukan.
A A A
TERNATE - Pelaksanaan Rapid test Corona Virus (Covid-19) secara massal untuk wilayah Maluku Utara, saat ini masih terus dilakukan. Hingga Sabtu (4/4/2020), Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Siaga Darurat Bencana Non Alam Covid -19 Maluku Utara, telah melaksanakan Rapid test Covid-19 di tiga wilayah, yakni Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Barat dan Tidore Kepulauan. Targetnya 10 kabupaten/kota bisa segera terselesaikan, dengan total 1.780 tes.

Untuk hasil Rapid test yang telah dilaksanakan di Kota Ternate, Kabupaten Halbar dan Tidore Kepulauan dengan jumlah 100 orang lebih telah menghasilkan dua orang pasien yang dinyatakan positif. Namun menurut Rosita Alkatiri selaku Sekretaris Gugus Tugas, hasil rapid tes ini masih merupakan screening awal saja.

“Untuk hasil positif ini, bukan merupakan kesimpulan positif virus corona, namun dengan hasil Rapid tes ini akan dilakukan pemeriksaan lanjutan Polymerase Chain Reaction (PCR), yang telah di kirim ke Laboratorium Kesehatan di Jakarta, untuk bisa menguatkan apakah pasien tersebut terpapar Covid-19 atau bukan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rosita mengungkapkan bahwa kedua pasien yang positif hasil Rapid test ini, terbagi dua perlakuan, yaitu satu pasien menjalani Isolasi di RSUD Chasan Boesoirie Ternate dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Sedangkan pasien yang satunya lagi masuk kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang telah dilakukan Isolasi Mandiri atau karantina rumah dengan pengawasan ketat.

Sementara itu, perkembangan kasus Covid-19 Malut, hingga Sabtu (4/4/2020) pukul 18:00 WIT, jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) 75 orang, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 333 orang, kasus negatif 4 orang serta kasus terkonfirmasi masih satu orang.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0701 seconds (0.1#10.140)