Hindari Titik Rawan Kemacetan ke Wisata Kota Batu, Ini Lokasinya

Jum'at, 22 Desember 2023 - 09:26 WIB
loading...
Hindari Titik Rawan Kemacetan ke Wisata Kota Batu, Ini Lokasinya
Dishub Kota Malang mempetakan titik kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Polres Malang mewaspadai kepadatan lalu lintas (lalin) yang timbul dari arus wisatawan yang datang selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Polres Malang menyiagakan sembilan pos, untuk mengamankan jalannya libur Nataru di Malang.

Kasatlantas Polres Malang AKP Adis Dani Garta mengatakan, 9 pos itu terdiri dari satu pos pelayanan (posyan) di Karanglo, tepatnya di Simpang Empat Karanglo, kemudian lima pos pengamanan (pospam), dan sisanya pos pantau yang tersebar di wilayah hukum Polres Malang.

”Pospam ada lima meliputi wilayah Pospam Lawang, Tumpang, Kepuh Harjo, Kebonagung, dan di Jalan Lintas Selatan atau JLS di Bantur. Untuk pos pantau ada di Jalibar, Pakis, dan Bululawang,” kata Adis Dani, Jumat (22/12/2023).



Pihaknya mulai memetakan titik kerawanan kepadatan lalu lintas yang didominasi di wilayah Malang utara. Dimana jalur-jalur ini merupakan akses utama menuju Kota Wisata Batu, mulai dari pintu keluar tol Karanglo, Jalan Raya Karanglo, hingga kawasan Karangploso.

”Sehingga masyarakat yang berkendara dari arah Surabaya atau dari Pasuruan itu memiliki animo tertinggi untuk melewati jalur exit tol Singosari, Simpang 4 Karangloh, sampai ke Karangploso,” tegasnya.

Adis menambahkan, telah berkoordinasi dengan jajaran terkait lainnya dengan melakukan rekayasa lalin jika terjadi kepadatan lalu lintas. Salah satunya dengan mengalihkan arus lalu lintas dari pintu tol Singosari, menuju gerbang tol Pakis atau Malang.

”Bilamana terjadi kepadatan di seputaran simpang 4 Karanglo, kami akan koordinasi dengan Satlantas Polres Malang Kota untuk membantu, yang mana arus lalin dari simpang 4 Karanglo, kami alihkan ke Kota melewati pertigaan Blimbing,” ungkapnya.



Kemudian lanjut ke arah barat sampe ke Dau. Sehingga nanti tembusnya di Simpang 3 Pendem, perbatasan Batu-Kota Malang. Di sisi lain, kawasan simpang empat Karanglo masih menjadi perhatian Satlantas Polres Malang, karena memiliki potensi kemacetan lalu lintas.

Kemudian disusul Jalan Raya Singosari - Karangploso, yang terdapat beberapa persilangan jalan, di antaranya di tiga masjid kembar di Jalan Raya Kepuharjo dan persilangan pada Kepuharjo di samping Indomaret.

”Ada tiga titik kemacetan, yang disebabkan oleh perlambatan karena ada perlintasan sebidang rel kereta api, di simpang empat Kepuharjo. Yang mana bila terjadi lonjakan arus kendaraan, kegiatan crosing akan mengalami kesulitan. Akhirnyatimbul kepadatan di tiga titik,” ungkapnya.

Total sekitar 149 personel lalu lintas ang akan disiapkan selama libur nataru. Jumlah itu akan bertambah karena ada bantuan dari instansi lain, seperti dinas perhubungan, Satpol PP, Pramuka, dan beberapa relawan lainnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)