Minuman Tradisional Maluku Utara Ini Pantang Dibuat Wanita yang Sedang Haid

loading...
Minuman Tradisional Maluku Utara Ini Pantang Dibuat Wanita yang Sedang Haid
Minuman tradisional asal Maluku Utara, Sarabati ini banyak khasiatnya. Tapi pantang dibuat oleh wanita yang sedang datang bulan atau haid. (Foto/Inews TV/ Ismail Sangaji)
TIDORE - Di Tidore, Provinsi Maluku Utara, terdapat minuman tradisional yang terbuat dari rempah-rempah alami, yang mampu meningkatkan immunitas tubuh serta sejumlah manfaat lainnya.

Uniknya minuman tradisional khas Tidore ini dimasak dengan cara ritual fufu untuk memperkuat rasa dan khasiat. Minuman Sarabati pantang dibuat oleh wanita dalam kondisi haid.

Provinsi Maluku Utara selama ini sudah terkenal sebagai daerah penghasil rempah-rempah seperti Cengkeh, pala dan kayu manis . Nah, dari rempah-rempah itu dapat diolah menjadi minuman tradisional yang luas oleh masyarakat seperti sirup pala, air guraka dan kopi dabe khas Kesultanan Tidore.(BACA JUGA: 35 Kabupaten/Kota Belum Terdampak Covid-19, Satgas: Ini Harus Kita Jaga)

Namun Anda tau tidak, selain kopi dabe dan air guraka, ternyata Kota Tidore juga memiliki minuman khas yang sudah ada sejak jaman dahulu, yaitu sarabati.



Nah, untuk membuat minuman Sarabati, bahan-bahan yang diperlukan sangat mudah ditemui di sekitar seperti jahe merah, jeruk nipis, kayu manis, daun pandan, gula merah, gula putuh dan lada bubuk.

“Proses pembuatan sarabati cukup mudah. panaskan air hingga mendidih masukan jahe merah yang sudah ditumbuk halus. Lalu masukan juga, daun pandan, kayu manis, gula merah dan gula putih tunggu hingga 15 menit. Setelah bahan-bahan tadi larut lalu saring air rebusan tadi menggunakan saringan, masukan juga lada putih dan tak lupa perasan air jeruk nipis," kata Sitti Endang, pembuat minuman tradisional Sarabati menjelaskan pada Minggu (09/08/2020).

Untuk tahap selanjutnya, kata Endang, adalah prosesi ritual fufu. Ritual inilah yang membedakan minuman Sarabati dengan minuman tradisional lainnya.



Fufu berarti pengasapan dengan kemenyan dapat memperkuat rasa dan khasiat minuman Sarabati. Selain itu tambahkan bunga melati dengan angka ganjil sebagai syarat pembuatan minuman para leluhur.

Tapi ingat, kata Endang, wanita dalam kondisi hait tidak boleh membuat atau berada di sekitar dalam proses pembuatan karena menjadi pantangan yang akan berpengaruh aroma dan rasa Sarabati. (BACA JUGA: Tersingkir dari Liga Champions, Ronaldo Minta Juventus Introspeksi Diri)

"Saya mulai merintins usaha minuman Sarabati ini sejak Oktober 2019 lalu. Ada empat orang tetangga membantu saya dan memasarkan minuman Sarabati. Minuman Sarabati bisa ditemukan di toko oleh-oleh di Tidore maupun di Ternate dengan harga terjangkau Rp15 ribu sampai Rp17 ribu,” ujarnya.

Ia menambahkan, Sarabati ini memiliki 10 manfaat bagi tubuh diantaranya maningkatkan immunitas tubuh dan memperlancar haid,” pungkasnya.
(vit)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top