Super Blue Blood Moon Berlalu, Jalur Pantura Masih Terendam Rob

Kamis, 01 Februari 2018 - 16:02 WIB
Super Blue Blood Moon Berlalu, Jalur Pantura Masih Terendam Rob
Super Blue Blood Moon Berlalu, Jalur Pantura Masih Terendam Rob
A A A
SEMARANG - Banjir rob masih menggenangi jalan pantai utara (pantura), tepatnya di sepanjang Jalan Raya Kaligawe, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (1/2/2018).

Meski puncak rob telah terjadi pada Rabu (31/1/2018) malam bersamaan dengan munculnya fenomena gerhana bulan atau Super Blue Blood Moon, air pasang masih merendam beberapa titik di jalan Pantura, baik jalan akses Semarang-Surabaya atau sebaliknya, Surabaya-Semarang.

Seperti diberitakan, berdasar data Stasiun Klimatologi Kelas I BMKG Semarang menyebutkan bahwa fenomena Super Blue Blood Moon pada Rabu, 31 Januari 2018 menyebabkan naiknya air pasang atau rob.
Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I BMKG Semarang Tuban Wiyoso mengungkapkan, air rob dari permukaan laut ke daratan diperkirakan naik 10 cm dan menggenangi sejumlah wilayah di Kota Semarang.

Dari pantauan SINDOnews di lapangan, terlihat beberapa titik genangan rob antara 10-20 cm di jalur Semarang menuju arah Surabaya, yakni di area pintu masuk kawasan Industri Terboyo. Tampak petugas mengoperasikan pompa untuk menyedot banjir rob yang merendam di kawasan pertigaan Genuk.

Sementara itu, air pasang juga menggenangi di jalur Semarang menuju Jakarta. Rob tampak merendam di sepanjang jalan yang berada di depan Mapolsek Genuk hingga depan Terminal Terboyo. Sejumlah polisi harus ekstrakeras mengatur arus lalu lintas di kawasan tersebut, terutama di titik-titik pertigaan jalan keluar-masuk ataupun jalur memutar.

"Saya sudah standby di sini (Jalan Raya Kaligawe) sejak jam 6 pagi. Karena jam-jam segitu sangat padat kendaraan," kata seorang polisi.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6713 seconds (0.1#10.140)