Angin Kencang di Pangkalan Bun, 2 Mobil Tertimpa Pohon

Kamis, 25 Januari 2018 - 13:40 WIB
Angin Kencang di Pangkalan Bun, 2 Mobil Tertimpa Pohon
Angin Kencang di Pangkalan Bun, 2 Mobil Tertimpa Pohon
A A A
PANGKALAN BUN - Hujan disertai petir dan angin kencang melanda Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Kamis (25/1/2018). Pohon asam besar dan cemara tumbang dan menimpa dua mobil sekira pukul 10.00 Wib.

Pohon yang tumbang di Jalan Diponegoro (depan kuburan sekip) RT.12, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan menimpa mobil pikap silver KH 8200 GK dan mobil Toyota Sienta Orange KH 1878 GK milik warga bernama Jaya. Beruntung dua mobil ini sedang parkir dan tidak ada penumpang di dalamnya.

“Saat kejadian memang hujan deras disertai angin kencang sekira pukul 10.20 WIB. Saya dan para pekerja ada di dalam kantor. Pas keluar, dua mobil saya sudah dalam kondisi tertimpa pohon asam dan cemara,” ujar pemilik kedua mobil, Jaya, di lokasi kejadian.

Kondisi mobil pikap hanya rusak di bagian belakang bak. Untuk mobil Toyota Sienta mengalami retak dibagian kaca depan dan lecet pada body mobil bagian depan. “Kalau tidak ada kabel listrik yang menahan batang pohon asam yang tumbang, pasti hancur mobil itu,” ujar seorang Satpam kantor BPS Kobar, Edi yang saat itu melihat detik-detik tumbangnya pohon yang sudah rapuh itu.

Ia mengatakan, pohon asam tidak langsung tumbang tapi secara perlahan karena di bawahnya ada kabel tegangan tinggi yang menahan. “Tumbangnya itu pelan-pelan, memang besar pohonnya itu dan sudah cukup tua,” katanya.

Usai kejadian, Jalan Diponegoro dari arah Bundaran Pancasila menuju Gereja Imanuel langsung ditutup petugas. Peristiwa ini menjadi tontonan warga dan membuat macet Jalan Diponegoro.

Satlantas Polres Kobar langsung terjun di lapangan untuk mengatur lalu lintas. Sementara itu petugas dari BPBD, Damkar dan sejumlah warga langsung melakukan evakuasi mobil dengan cara memotong batang dan ranting pohon menggunakan gergaji mesin.

“Kita langsung potong batang dan ranting yang menimpa dua mobil tersebut, Alhamdulillah semua lancar dan tidak ada korban jiwa. Mobil juga sudah dievakuasi dan mengalami kerusakan ringan,” ujar petugas BPBD Kobar, Pahrul di lokasi kejadian.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4621 seconds (0.1#10.140)