KSOP Kelas II Gresik Teken Konsesi dengan PT Siam Maspion Terminal

Minggu, 09 Agustus 2020 - 07:15 WIB
loading...
KSOP Kelas II Gresik Teken Konsesi dengan PT Siam Maspion Terminal
KSOP Kelas II Gresik Teken Konsesi dengan PT Siam Maspion Terminal. Foto/SINDOnews/Lukman Hak
A A A
SURABAYA - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Gresik dan PT Siam Maspion Terminal (SMT) menandatangani perjanjian konsesi kegiatan pengusahaan jasa kepelabuhanan di Surabaya, Sabtu (8/8/2020).

CEO Maspion Grup Alim Markus mengatakan, PT SMT merupakan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) swasta murni pertama yang mendapatkan penunjukkan konsesi sebagai pelaksana kegiatan pengusahaan jasa kepelabuhanan di Pelabuhan Gresik.

PT SMT sampai saat ini rata-rata kapasitas operasionalnya mencapai 4,5 juta ton per tahun yang terdiri dari 65% curah kering dan general cargo serta 35% curah cair dan gas.

“Kita juga siapkan industri kawasan Jabon,” ujar Alim usai meresmikan penandatangan perjanjian konsensi KSOP Kelas II Gresik–BUP PT SMT.

Alim mengaku, saat ini dengan konsesi yang dilakukan ini diharapkan bisa memberikan kontribusi untuk mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan kelancaran logistik nasional yang efisien.

PT SMT juga masih terus melakukan upaya meningkatkan pengembangan kapasitas layanan kepelabuhanan sesuai dengan proyeksi pengembangan.

"PT SMT juga bakal menggandeng Dubai Port World untuk mengembangkan terminal kontainer di wilayah Gresik," jelasnya.

Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Ir Agus Purnomo berharap, konsesi ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus memperluas lapangan kerja.

Pihaknya ingin pelabuhan di Indonesia bisa efisien dibandingkan dengan negara lain. Sehingga bisa lebih kompetitif. "Ekonomi Indonesia harus bangkit di masa pandemi ini," terangnya. (Baca juga: Seorang Anak di Probolinggo Tega Usir Ayah Sendiri dari Rumah)

Smentara itu, Direktur PT SMT Marianus Oei mengaku, dengan adanya konsesi ini, PT SMT menjadi BUP swasta murni pertama di Jatim yang mendapatkan penunjukan konsesi sebagai Pelaksana Kegiatan Pengusahaan Jasa Kepelabuhanan di Pelabuhan Gresik. (Baca juga: Ini Harapan Ketua PWNU Jatim untuk Pasangan Niat di Pilkada Gresik)

"Pengembangan kapasitas layanan kepelabuhanan PT SMT akan terus ditingkatkan sesuai dengan proyeksi pengembangan dalam perhitungan konsesi PT SMT," katanya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)