alexametrics

PKS Deklarasi Usung Gus Ipul di Pilgub Jatim

loading...
PKS Deklarasi Usung Gus Ipul di Pilgub Jatim
DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Selasa malam (9/1/2018) menggelar deklarasi mengusung Saifullah Yusuf sebagai bakal calon gubernur (bacagub) Jawa Timur. Foto/Koran SINDO/Ali M
A+ A-
SURABAYA - DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Selasa malam (9/1/2018) menggelar deklarasi mengusung Saifullah Yusuf sebagai bakal calon gubernur (bacagub) Jawa Timur (Jatim) di kantor DPW PKS Jatim di Jalan Gayungsari, Surabaya. Rencananya, malam ini juga DPW PKS Jatim menyampaikan sikap di Pilgub Jatim tersebut ke DPP PKS.

Deklarasi ini dihadiri langsung oleh Saifullah Yusuf. Wakil gubernur (wagub) Jatim itu tidak sendirian karena didampingi oleh Ketua Tim Pemenangan Saifullah Yusuf, Hikmah Bafaqih.

"Deklarasi ini hanya deklarasi usulan mengusung Gus Ipul (panggilan Saifullah Yusuf). Kami tidak bisa mengusung sendiri karena kami hanya memiliki 6 kursi di DPRD Jatim. Padahal untuk bisa mengusung sendiri minimal harus meraih 20 kursi," kata Ketua DPW PKS Jatim, Arif Hari Setiawan saat deklarasi.

Dia menyatakan, DPW PKS Jatim sudah sejak lama menjalin komunikasi dengan Gus Ipul, yakni sekitar akhir 2016 silam. Saat ini, PKS diminta oleh sejumlah kiai di Jatim untuk mengusung mantan ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor itu di Pilgub Jatim.

Meski begitu, pihaknya tidak langsung mengusung Gus Ipul kala itu karena ingin memberi kesempatan pada pria kelahiran Pasuruan, Jatim itu agar didukung partai yang memiliki kursi yang cukup untuk mengusung calon.
"Untuk siapa bacawagub yang akan mendampingi, kami serahkan sepenuhnya pada Gus Ipul," timpalnya.

Sementara itu, Gus Ipul merasa terhormat atas dukungan dari PKS. Dia berharap, dukungan partai akan memantapkan langkah-langkah pemenangan. Selama ini, pihaknya memang sudah berkomunikasi dengan PKS, tidak hanya soal Pilgub Jatim, tapi juga terkait pembangunan yang ada di Jatim. Misalnya, soal pemberdayaan pelaku usaha kecil hingga pengelolaan BUMD Jatim.

"Sampai saat ini, saya masih belum tahu siapa (wakil yang akan mendampingi Gus Ipul). Tunggu saja, besok saya akan mendaftar ke KPU. Mungkin sore," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur (FK3JT) KH Fahrur Rozi atau yang akrab disapa Gus Fahrur menegaskan, pihaknya tetap solid mendukung Saifullah Yusuf sebagai bakal calon gubernur (bacagub) Jatim. Terkait siapa yang akan mendampingi wakil gubernur (wagub) Jatim tersebut, FK3JT menyerahkan sepenuhnya pada PDIP.

“Kami serahkan sepenuhnya nama wakil pada PDIP, siapapun akan kami terima. Baik itu laki-laki atau perempuan. Yang penting seiman dengan kami,” timpalnya.

Dia menambahkan, pihaknya bersikukuh mendukung Gus Ipul, lantaran cicit dari salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri itu memiliki pengalaman yang cukup dalam mengelola pemerintahan.

Gus Ipul sudah dua periode menjadi wagub Jatim mendampingi Soekarwo. Selain itu, Gus Ipul dianggap sebagai kandidat yang paling siap maju di Pilgub Jatim dibanding calon lainnya. “Ibarat karang, diterpa ombak bagaimanapun kami akan tetap mendukung Gus Ipul,” tandasnya.  
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak