Sungai Kendal Meluap, Ratusan Rumah Warga di 8 Desa Tergenang

Kamis, 21 Desember 2017 - 09:48 WIB
Sungai Kendal Meluap, Ratusan Rumah Warga di 8 Desa Tergenang
Sungai Kendal Meluap, Ratusan Rumah Warga di 8 Desa Tergenang
A A A
KENDAL - Ratusan rumah di sepanjang bantaran sungai Kendal terendam karena air sungai meluap setelah diguyur hujan selama dua hari berturut-turut. Air sungai meluap juga karena kondisi sungai yang sempit dan sedimentasi yang parah.

Air sungai yang meluapan menggenangi jalan dan perkampungan warga di sepanjang bantaran sungai, Kamis (21/12/2017). Setidaknya delapan kelurahan terdampak banjir, namun warga tetap bertahan karena banjir sudah biasa terjadi. BPBD Kendal masih mendata jumlah kerugian akibat banjir dan terus memantau wilayah selatan Kendal.

Delapan kelurahan yang terdampak, yakni Trompo, Sijeruk, Langenharjo, Kebondalem, Pegulon, Patukangan, Pekauman, dan Ngilir di Kecamatan/Kota Kendal, Jawa Tengah. Ketinggian air di perkampungan warga mencapai 50 centimeter dan masuk ke dalam rumah.

Menurut Mustagfirin, warga Gang Jujur, Kelurahan Pekauman mengatakan, air mulai masuk ke permukiman dan rumah warga Kamis (21/12/2017) pagi. Sebelumnya dua hari wilayah Kendal diguyur hujan, sehingga debit air bertambah dan meluap.

Mustagfirin menambahkan, sejak November 2016 setidaknya sudah empat kali banjir melanda kampungnya. Meskipun ketinggian air mencapai 50 centimeter, namun warga tetap bertahan di rumah dan membendung rumah dengan karung ataupun kayu agar air tidak masuk ke dalam rumah.

“Banjir sudah menjadi langganan, jadi warga tidak mengungsi dan tetap beraktivitas meski terganggu. Banjir akibat luapan sungai Kendal ini biasanya akan surut jika bendungan Trompo debit airnya surut,” katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5645 seconds (0.1#10.140)