Erupsi Gunung Marapi, BNPB: Hujan Abu Disertai Batu Terjadi di Sumbar

Senin, 04 Desember 2023 - 08:42 WIB
loading...
Erupsi Gunung Marapi, BNPB: Hujan Abu Disertai Batu Terjadi di Sumbar
Gunung Marapi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat meletus dan menyemburkan abu vulkanik setinggi 3.000 meter dari atas puncak, Minggu (3/12/2023). Foto/Istimewa
A A A
TANAH DATAR - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sejumlah wilayah terdampak hujan abu vulkanik disertai batu terjadi akibat erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar).

“Dampak yang ditimbulkan pada kejadian erupsi Gunung Marapi tidak hanya sebaran hujan abu vulkanik saja namun juga hujan abu yang disertai batu,” ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Senin (4/12/2023).

Adapun wilayah yang terdampak hujan abu vulkanik mencakup empat wilayah kecamatan, yakni Canduang, Sungai Pua, Ampek-Ampek dan Malalak.



Kemudian wilayah yang dilaporkan terdampak hujan abu disertai batu terjadi di kecamatan Banuhampu, Tilatang Kamang, Baso, Tanjung Raya, Lubuk Basung, IV Koto, Matur, Tanjung Mutiara, Palembayan dan Kamang Magek.

Selain itu, BNPB melaporkan sebanyak 47 pendaki terdampak erupsi Gunung Marapi. Dimana sebanyak 19 pendaki sudah berhasil turun dan diselamatkan oleh tim gabungan. Artinya masih ada 28 pendaki yang belum berhasil turun.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Warsito, memastikan bahwa kabar yang sempat beredar tentang seorang pendaki meninggal dunia belum dapat diverifikasi.



Tim gabungan masih terus berupaya melakukan pencarian dan pertolongan terhadap para pendaki yang belum berhasil turun. Oleh sebab itu, masyarakat diminta agar tidak terlalu cepat mengambil kesimpulan yang belum dapat dipastikan kebenarannya.

“Masih simpang siur. Belum dapat dipastikan,” jelas Bambang Warsito.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)