Di Hadapan Mahasiswa Unair, Angela Tanoesoedibjo Berbagi Tips Sukses UMKM

Minggu, 03 Desember 2023 - 14:04 WIB
loading...
Di Hadapan Mahasiswa Unair, Angela Tanoesoedibjo Berbagi Tips Sukses UMKM
Tokoh muda inspiratif, Angela Tanoesoedibjo menghadiri acara Airlangga Business Forum (ABF) di Gedung Kuliah Bersama (GKB) kampus C Universitas Airlangga (Unair), Minggu (3/12/2023). Foto/MPI/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, tokoh muda inspiratif, Angela Tanoesoedibjo membeberkan berbagai tips meraih sukses untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Acara Airlangga Business Forum (ABF) ini, digelar di Gedung Kuliah Bersama (GKB) kampus C Unair, Minggu (3/12/2023).



Angela Taneosoedibjo menyebutkan, setidaknya ada empat hal yang harus dimiliki agar bisa berdaya saing dalam menekuni UMKM. Diantaranya, produk yang dihasilkan harus bisa menjawab kebutuhan masyarakat, harganya sesuai, melakukan promosi produk dan terakhir bisa dijangkau dengan mudah oleh konsumen.



Lebih lanjut Angela Taneosoedibjo mengatakan, semua orang adalah konsumen, dan sebagian pernah berbelanja secara online. Tentu, ada alasan ketika konsumen memutuskan untuk membeli produk tertentu. Bisa jadi karena promosinya menarik. "Perlu atau tidak atas produk itu biasanya urusan nomor dua. Ini karena promosinya promosinya menarik, apalagi ketika ada influencer lokal atau artis Korea misalnya," katanya.



Dia juga mengungkapkan, produk yang dijual harus bisa didapat dengan mudah oleh konsumen. Baik itu secara online maupun offline. Kemudian harganya juga harus bersaing dengan merek lain. Sebab, orang akan tertarik membeli produk karena harganya murah dan khasiatnya sama. "Terus ada customer service. Pengiriman produk harus cepat," ujarnya.

Angela Tanoesoedibjo juga menyinggung terkait permodalan di UMKM. Menurutnya, permodalan merupakan salah satu hal yang penting untuk membangun ketahanan hingga pengembangan sektor ini. Ketika orang pertama kali membuka usaha, tentu tidak lantas bisa maju dan berkembang. "Semua tentu ada proses dan itu butuh modal untuk bisa bertahan. Mulai dari biaya untuk pembelian bahan baku dan juga biaya operasional lainnya," ujarnya.

Di Hadapan Mahasiswa Unair, Angela Tanoesoedibjo Berbagi Tips Sukses UMKM


Ketika usaha yang dibangun sudah menunjukkan tanda-tanda kemajuan, lanjut dia, tentu ada keinginan untuk melakukan ekspansi atau menambah toko. Nah, tentu hal ini juga membutuhkan permodalan. Belum lagi ketika hendak membuat produk baru, modal juga sangat dibutuhkan. "Jadi, akses permodalan menjadi salah satu yang penting untuk ketahanan dan pengenbangan UMKM," terangnya.

Sementara itu, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unair Surabaya, Muhammad Anang Jazuli mengatakan, kegiatan ABF merupakan untuk memberi wadah bagi mahasiswa untuk menumbuhkan potensi dan karya mereka dalam dunia bisnis.



"Isu besar sekarang adalah banyak lulusan sarjana yang menganggur. Jadi, dari kegiatan ini, kami harapkan pengetahuan kita tentang dunia bisnis bisa bertambah. Sebab, ketika lulus pekerjaan tidak hanya di kantoran, tapi juga bisa berwirausaha," katanya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)