DAS Tondano Meluap, Manado Dilanda Banjir

Sabtu, 16 Desember 2017 - 20:08 WIB
DAS Tondano Meluap, Manado Dilanda Banjir
DAS Tondano Meluap, Manado Dilanda Banjir
A A A
MANADO - Hujan yang mengguyur Kota Manado, Sulawesi Utara dan sekitarnya pada dua hari terakhir ini menyebabkan daerah aliran sungai (DAS) Tondano meluap. Sebagian daerah di Kota Manado pun terendam banjir.

“Pemkot Manado tolong datang lihat kami di Tingkulu, Lingkungan 2 Kompleks Kejaksaan. Lihat rumah kami sudah mau tenggelam, barang-barang sudah hanyut,” kata Rina, warga Tingkulu meminta bantuan, Sabtu (16/12/2017).

Sementara di wilayah Tanjung Batu ketinggian air sudah mencapa 2,5 meter. “Kami membutuhkan perahu karet. Ada warga yang masih bertahan di dalam rumah lantai 2 perlu dievakuasi,” kata Jefry.

Warga di beberapa lokasi terjebak banjir karena air begitu cepat meninggi. Pineleng, perempatan Banjer, Dendengan Dalam, Karombasan, Kampung Ternate, Kampung Tubir, Kombos, Karame, Ketang Baru, Ternate Tanjung dan masih banyak lokasi lainnya air sudah naik setinggi paha orang dewasa.

“Daerah-daerah itu airnya sudah naik. Kami terus berjaga-jaga,” ujar Fatimah warga Kampung Merdeka.

Sementara itu, BMKG Sulut masih mengingatkan bahwa Kota Manado, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Tomohon, Minahasa masih berlangsung hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

“Kondisi ini dapat meluas hingga ke wilayah Minahasa Tenggara. Tak hanya hujan lebat tapi juga angin kencang masih bisa terjadi,” katanya.
DAS Tondano Meluap, Manado Dilanda Banjir
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3880 seconds (0.1#10.140)