RSUD Batang Siapkan Layanan Khusus Kejiwaan Caleg Stres

Jum'at, 01 Desember 2023 - 15:20 WIB
loading...
RSUD Batang Siapkan Layanan Khusus Kejiwaan Caleg Stres
RSUD Batang menyiapkan layanan khusus khusu kejiwaan bagi caleg alami gangguan jiwa. Foto/MPI/Suryono Sukarno
A A A
BATANG - Para Calon Legislatif (Caleg) mulai mempersiapkan diri untuk berkontestasi dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Meskipun prosesnya masih cukup lama namun segala sarana prasarana (sarpras) mulai disiapkan, seperti Alat Peraga Kampanye (APK) dan lainnya.

Tak hanya para Caleg yang bersiap-siap, sejumlah Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) pun mulai menyiapkan sarana prasarana apabila dibutuhkan bagi para Caleg, yang mungkin mengalami kegagalan dalam kontestasi politik tersebut.

Kepala Bidang Keperawatan RSUD Batang Samuri mengatakan, tenaga medis dan sarpras telah disiapkan mengantisipasi ada Caleg yang membutuhkan bantuan pelayanan kesehatan, akibat munculnya rasa ketidakpuasan terhadap hasil Pemilu, khususnya dengan kejiwaan mereka.



“Di tahap awal kami siapkan poli jiwa dan psikologi, bagi Caleg yang ingin berkonsultasi seputar masalah kejiwaan. Kami siapkan juga dokter psikiatri untuk membantu terapi para Caleg,” kata Samuri, Jumat (1/12/2023).

Apabila membutuhkan perawatan lebih lanjut, tiga ruangan yakni Kenanga, Teratai dan Mawar dengan 20 tempat tidur telah disiapkan. Kendati demikian, RSUD Batang belum pernah menerima pasien dari Caleg yang mengalami gangguan jiwa akibat gagal saat pencalonan.



Ditemui secara terpisah, Manajer Pelayanan RS Qim Batang, Maftuhah Nurbeti menerangkan, saat ini RS QIM memberikan pelayanan rawat jalan bagi pasien dengan gejala gangguan jiwa. Layanan yang diberikan dalam bentuk konsultasi dan pemeriksaan kesehatan jiwa.

“Untuk Caleg yang mengalami gejala gangguan jiwa memang belum ada. Tapi kami sudah menyiapkan tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI), untuk mengetahui kondisi psikologi seseorang, jika diperlukan,” jelasnya.

Berdasarkan pemeriksaan, tanda-tanda seseorang terindikasi gejala stres, dimulai ketika mendapat tekanan, namun pribadinya tidak bisa menerima. Sehingga menimbulkan gejala awal seperti gangguan tidur, depresi, kecemasan dan lainnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1395 seconds (0.1#10.140)