Asal-usul Daerah Harapan Indah Bekasi

Kamis, 30 November 2023 - 21:11 WIB
loading...
Asal-usul Daerah Harapan Indah Bekasi
Harapan Indah merupakan sebuah kawasan pemukiman yang berada di antara Cakung, Jakarta Timur, dan Pejuang, Medan Satria, Bekasi Utara. Foto/Dok. Harapan Indah Bekasi
A A A
JAKARTA - Asal-usul daerah Harapan Indah Bekasi menarik dibahas. Harapan Indah merupakan sebuah kawasan pemukiman yang berada di antara Cakung, Jakarta Timur, dan Pejuang, Medan Satria, Bekasi Utara.

Meski begitu, Harapan Indah telah dikenal sebagai wilayah yang berada di kawasan Bekasi. Kota tersebut merupakan suatu tempat yang mandiri dan berkembang dan disebut sebagai salah satu wilayah independen.

Kawasan Harapan Indah memiliki luas sekitar 2.200 hektar. Ada berbagai fasilitas di kawasan ini seperti tempat perbelanjaan, sekolah, gedung perkantoran, hingga tempat wisata.

Sampai saat ini daerah Harapan Indah telah dikenal sebagai salah satu ikon di Bekasi. Hal ini karena dianggap sebagai cerminan sejarah wilayah Bekasi.



Menurut laman resmi Pemkot Bekasi, Dayeuh Sundasembawa atau Jayagiri adalah sebutan Bekasi tempo dulu sebagai ibukota Kerajaan Tarumanegara (358-669). Wilayah ini yang tercatat sebagai daerah yang banyak memberi informasi tentang keberadaan Tatar Sunda pada masa lampau.

Catatan sejarah tersebut tentunya tak bisa dilepaskan dari Kota Harapan Indah yang telah menjadi bagian dari Bekasi.

Asal-usul Harapan Indah Bekasi


Kota Harapan Indah diketahui telah berdiri sejak 30 April 1993. Kawasan pemukiman tersebut didirikan oleh perusahaan Damai Putra Group.

Sayangnya kala pembangunan Kota Harapan Indah, Indonesia sempat mengalami krisis ekonomi di akhir tahun 1990-an. Hal tersebut membuat pembangunan kota sempat terhambat.

Awalnya, Kota Harapan Indah dikenal sebagai wilayah yang sederhana. Namun seiring berjalannya waktu kota tersebut tumbuh menjadi wilayah yang megah dan terintegrasi.

Berbagai fasilitas publik seperti apartemen, perumahan, universitas, tempat perbelanjaan, hingga tempat hiburan mulai muncul di wilayah tersebut.

Tidak hanya itu, kota ini juga kerap mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan setiap lapisan warga dari berbagai macam latar belakang.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0744 seconds (0.1#10.140)