10 Peninggalan Kerajaan Demak, Nomor 1 Jadi Destinasi Wisata Religi

Selasa, 28 November 2023 - 15:16 WIB
loading...
10 Peninggalan Kerajaan Demak, Nomor 1 Jadi Destinasi Wisata Religi
Kerajaan Demak memiliki banyak peninggalan bersejarah yang masih dilestarikan hingga sekarang. Foto/Dinas Pariwisata Kabupaten Demak
A A A
JAKARTA - Kerajaan Demak memiliki banyak peninggalan bersejarah yang masih ada dan dilestarikan hingga sekarang. Kerajaan ini menjadi kerajaan Islam pertama yang ada di Pulau Jawa.

Kerajaan Demak berdiri pada abad ke-15 hingga awal abad ke-16. Bukan hanya sekadar sebuah kerajaan, tetapi juga sebagai pusat kebudayaan dan agama Islam yang memengaruhi perkembangan di Indonesia.

Hingga saat ini ada beberapa peninggalan Kerajaan Demak yang mampu menjadi bukti sejarah kejayaannya. Berikut ulasannya.

Peninggalan Kerajaan Demak


1. Masjid Agung Demak


Masjid Agung Demak adalah salah satu peninggalan Kerajaan Demak yang paling besar. Hingga saat ini Masjid Agung Demak menjadi salah satu destinasi wisata religi yang cukup populer.



Masjid Agung Demak didirikan pada tahun 1479 Masehi dan berlokasi di Desa Kauman, Demak, Jawa Tengah. Rumah ibadah ini yang menjadi bukti bahwa Kerajaan Demak bercorak Islam.

2. Makam Sunan Kalijaga


Selanjutnya adalah Makam Sunan Kalijaga yang menjadi salah satu peninggalan Kerajaan Demak yang masih ada. Wali Songo termasuk Sunan Kalijaga merupakan tokoh yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam di Kerajaan Demak kala itu.

Sunan Kalijaga yang telah wafat pada tahun 1520 silam dikebumikan di Desa Kadilangu, Demak, Jawa Tengah. Hingga saat ini makamnya masih didatangi para peziarah dari berbagai daerah di Indonesia.

3. Soko Guru


Soko Guru adalah tiang-tiang yang terbuat dari kayu jati yang dapat ditemukan di Masjid Agung Demak. Tiang tersebut terdiri dari empat buah.

Fungsi asli dari Soko Guru adalah untuk menopang struktur masjid, yang dijadikan oleh Wali Songo sebagai simbolisasi dari empat arah mata angin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)