Angin 'Dahlia' Tumbangkan Pohon, Bangunan dan Kendaraan Rusak

Kamis, 30 November 2017 - 18:41 WIB
Angin Dahlia Tumbangkan Pohon, Bangunan dan Kendaraan Rusak
Angin 'Dahlia' Tumbangkan Pohon, Bangunan dan Kendaraan Rusak
A A A
BANDUNG BARAT - Puluhan pohon di wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), tumbang dan menimpa sejumlah bangunan serta kendaraan, Kamis (30/11/2017). Kondisi itu terjadi dampak dari angin ribut tropis Dahlia di sebelah barat daya Jawa Barat sehingga berakibat munculnya cuaca ekstrem dan angin kencang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD KBB Dicky Maulana menyampaikan, pohon tumbang menimpa sejumlah rumah, SD, kabel listrik, pagar dan menutup jalan. Tidak hanya di Lembang, angin kencang juga dirasakan warga di Kecamatan Parongpong, Cisarua dan Ngamprah.

"Ada puluhan pohon yang tumbang seperti di Desa Cikole pohon menimpa mobil Land Rover, Bangunan SD di Desa Gudang Kahuripan dan Pagerwangi," tuturnya.

Pohon tumbang juga menutup Jalan Desa Cikahuripan, di Desa Lembang pohon tumbang menimpa Pendopo Kinderdoft, pagar rumah dan pohon di depan Polsek Lembang. Yang mengalami kerusakan cukup parah adalah satu ruang kelas SD Merdeka di Jalan Boscha yang rusak ditimpa pohon tumbang.

"Hingga kini kami masih menginventarisir jumlah kerugian akibat bencana angin kencang ini. Personil BPBD terus melakukan evakuasi pohon tumbang di sejumlah titik," terangnya.

Mengenai kejadian pohon tumbang yang menimpa SDN Merdeka, dia menerangkan, para guru telah memiliki firasat untuk memindahkan tempat belajar siswa ke ruangan kosong.

Sehingga ketika angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang, ruangan yang semula digunakan siswa melaksanakan Ujian Akhir Sekolah (UAS) sudah dalam keadaan kosong. "Alhamdulillah pada saat belajar siswa sudah dipindahkan sehingga ketika kejadian ruang kelas dalam keadaan kosong," terangnya.

Informasi dari Kantor Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lembang KBB, kecepatan angin tanggal 30 November 2017 pada pukul 07.00 WIB (18 km/jam), 08.00 WIB (52 km/jam); 09.00 WIB (49 km/jam); 10.00 WIB (39,6 km/jam); 11.00 WIB (36 km/jam) dan 12.00 WIB (39,6 km/jam).

"Dampak Siklon Tropis Dahlia berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat di Wilayah Jawa Barat disertai angin kencang 20 knot," sebut Kepala kantor BMKG Lembang, Tony Agus Wijaya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8872 seconds (0.1#10.140)