alexametrics

Dankormar Resmikan Batalion Marinir Pertahanan Pangkalan XII/Pontianak

loading...
Dankormar Resmikan Batalion Marinir Pertahanan Pangkalan XII/Pontianak
Prajurit Korps Marinir mengikuti defile pasukan serta unjuk berbagai keterampilan perang ketika mengikuti upacara HUT ke-69 Korps Marinir di Lapangan Tembak Marinir FX Soepramono, Karang Pilang, Surabaya, Jawa Timur. SINDOnews/Ali Masduki
A+ A-
PONTIANAK - Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono meresmikan Batalion Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII Jaguar Yudha/Pontianak. Jenderal Bintang dua itu juga mengukuhkan Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo yang sebelumnya dikenal USMC CMD dan Staf Collage di USA tersebut sebagai komandan Yonmarhanlan XII Pontianak.

Pengukuhan ditandai dengan penyerahan Tunggul Batalion dan penandatanganan surat keputusan. Peresmian dihadiri Gubernur Kalbar Cornelis, Wali Kota Pontianak Sutarmidji, Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa, dan bupati dan wali kota serta tokoh adat di Kalbar pada Selasa 28 November 2017.

Sebelum upacara peresmian Yonmarhanlan XII Pontianak digelar kirab pasukan dan sejumlah kendaraan tempur dan kendaraan taktis milik Marinir dan TNI AL. Beberapa pasukan dari Paskhas, TNI AD, Polda Kalbar, Satpol PP dan Pramuka Pontianak mengikuti upacara tersebut.

Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono menjelaskan Batalion Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII/PTK adalah satuan pelaksana Pasukan Marinir 2 yang bertugas membina dan menyiapkan kekuatan serta kemampuan unsur-unsur pertahanan pangkalan dan menyelenggarakan tugas-tugas pengamanan pangkalan utama Angkatan Laut di wilayah Lantamal. Pembinaan Satuan Yonmarhanlan merupakan tugas dan tanggung jawab Pasmar-2, namun dalam penyelenggaraan operasinya melaksanakan tugas-tugas-tugas dari Lantamal masing-masing.

Batalion Marinir Pertahanan Pangkalan XII/Pontianak memiliki posisi startegis, berada di perbatasan langsung dengan negara Malaysia. Untuk itu dibutuhkan personel yang andal dan tangguh untuk mendukung serta menjamin stabilitas pertahanan dan keamanan wilayah Provinsi Kalimantan Barat.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak