alexa snippet

Hujan Deras Sebabkan Longsor di Minahasa

Hujan Deras Sebabkan Longsor di Minahasa
Longsor terjadi di Desa Rumengkor dan Suluan, Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa, Sulut. Foto/Istimewa
A+ A-
MANADO - Hujan deras yang mengguyur beberapa wilayah di Sulawesi Utara (Sulut) menyebabkan terjadinya tanah longsor dan banjir. Longsor terjadi di Desa Rumengkor dan Suluan, Kecamatan Tombulu. Longsor juga terjadi di Kembes, Kabupaten Minahasa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut Noldy Liow mengatakan, tak hanya longsor, banjir juga terjadi di beberapa lokasi di Manado seperti di Ternate Tanjung, Karame, dan Ketang Baru.

"Hujan yang turun terus menerus tersebut menyebabkan banjir di Ternate Tanjung Kota Manado dan jalur Kembes di Minahasa mengalami longsor," ujarnya, Rabu (22/11/2017).

Akibatnya, akses jalan penghubung antara Kembes-Tondano maupun arah sebaliknya, tidak bisa dilalui kendaraan bermotor untuk beberapa saat.

"Memasuki musim penghujan ini masyarakat diimbau lebih waspada terutama yang bermukim di bantaran sungai dan di daerah perbukitan," katanya.

Menyikapi musibah longsor tersebut, Polsek Tombulu bersama Pemerintah Kecamatan Tombulu dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Minahasa, segera melakukan penanganan dengan menurunkan ekskavator.

Alat berat tersebut kemudian mengangkat material tanah dan bebatuan yang menutup badan jalan. Tak lama kemudian, arus lalu lintas kembali berjalan normal.

Kapolsek Tombulu Iptu Jopi Runtu menjelaskan, total terdapat 16 titik longsor di wilayah tersebut. "Enam titik mengakibatkan tertutupnya badan jalan sedangkan 10 titik hanya menutup setengah badan jalan."

Meski demikian, dalam musibah longsor tersebut tak ada korban jiwa. "Tidak ada korban jiwa maupun material dalam kejadian ini," jelas Kapolsek yang dibenarkan Kasubag Humas Polresta Manado AKP Rolly Sahelangi.
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top