Bantuan Gerobak Perindo Dongkrak Pendapatan UMKM

Minggu, 19 November 2017 - 17:27 WIB
Bantuan Gerobak Perindo Dongkrak Pendapatan UMKM
Bantuan Gerobak Perindo Dongkrak Pendapatan UMKM
A A A
PALEMBANG - Anwar, 57, terlihat begitu sibuk menjalani kegiatannya menyiapkan sate yang dipesan pelanggannya. Bahkan karena kesibukannya, Anwar tidak mengetahui jika jajaran pengurus DPW Partai Perindo menyambanginya.

Begitulah sekilas suasana ketika jajaran pengurus DPW Partai Perindo meninjau langsung penerima bantuan gerobak UMKM mitra binaan Partai Perindo yang sudah aktif berjualan dengan menggunakan grobak Perindo, Sabtu 18 November 2017, di Jalan Sultan Mahmud Badaruddin KM 11 Palembang.

Anwar mengaku, gerobak UMKM ini memang memberikan dampak postif yaitu meningkatnya pendapatannya. Sejak berdagang menggunakan gerobak yang bagus dan layak tersebut, Anwar mengaku omzetnya dagangannya meningkat.

Peningkatan terjadi sejak dua bulan yang lalu, sejak dirinya menerima bantuan gerobak tersebut. “Omzet naik sehari itu keuntungan bersih hampir sekitar Rp200.000 – 300.000. Beda seperti sebelumnya,” ungkap Anwar memulai pembicaraan.

Menurut Anwar, dengan gerobak yang bagus, rapi dan bersih menambah daya tarik pembeli untuk menikmati sate dagangannya. “Penampakan gerobak yang sangat rapi dan bersih memberikan nilai plus bagi pembeli untuk mampir ke gerobak satenya,” sebut Anwar sambil tertawa.

Dia pun berharap ke depannya Partai Perindo lebih maju lagi dan terus menyesejahterakan pelaku UMKM, salah satunya dengan program gerobak ini. “Kami pedagang kecil tentu berat untuk ganti gerobak sendiri, sementara kebutuhan sehari – hari sudah menunggu. Jadi ya sebelumnya dagang dengan gerobak seadanya. Karenanya sangat bersyukur dengan adanya bantuan dari DPW Perindo,” katanya.

Setelah berbincang dengan pedagang, Sekretaris DPW Partai Perindo Sumatera Selatan Yuseva mengatakan, pelaku UMKM yang mendapatkan gerobak nantinya akan dibina dan dimonitoring secara berkala. Menurutnya, kunjungan seperti ini penting sebagai bentuk pembinaan dan melihat perkembangan program bantuan dari partai. “Ini untuk memantau perkembangan pedagang baik secara omset, keluhan, maupun respons-respons masyarakat dengan adanya program ini,” ujar Yuseva.

Selain meninjau pelaku UMKM Mitra Binaan Partai Perindo, Yuseva juga menyurvei bakal calon penerima bantuan gerobak untuk tahap berikutnya. Selain berkunjung ke penerima yang sudah diberikan, sambung Yuseva, kedatangan ini untuk mensurvei pedagang calon penerima bantuan tahap selanjutnya. “Bantuan yang partai berikan tidak asal diberikan, melainkan melalui tahapan survei dan setelah diberikan juga terus dimonitoring seperti saat ini,” sebutnya.

Menurut Yuseva, survei ini dilakukan untuk melihat kelayakan penerima bantuan gerobak UMKM apakah sesuai SOP yang sudah ditetapkan oleh DPP Partai Perindo. Jika layak berkas usulan pelaku UMKM akan diteruskan ke DPP untuk ditindaklanjuti.

“Survei lapangan ini dilakukan untuk melihat layak atau tidak penerima gerobak supaya tepat sasaran. Nantinya pelaku UMKM yang menerima bantuan gerobak adalah orang-orang yang seharusnya dibantu sebagai upayai peningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang UMKM dan menjadikannya pedagang yang mandiri dan mampu bersaing nantinya,” kata Yuseva.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7537 seconds (0.1#10.140)