Penanaman Pohon, Relawan Ganjar Ajak Milenial Jaga Lingkungan

Selasa, 21 November 2023 - 12:08 WIB
loading...
Penanaman Pohon, Relawan Ganjar Ajak Milenial Jaga Lingkungan
Relawan GMC Kaltim mengadakan kegiatan penanaman pohon di Hulu Sungai Karang Mumus, Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SAMARINDA - Relawan Ganjar Milenial Center (GMC) Kaltim mengadakan kegiatan penanaman pohon bersama remaja dan memberikan edukasi soal lingkungan. Kegiatan yang diikuti ratusan peserta ini digelar di Hulu Sungai Karang Mumus, Jalan Muang Ilir, Muang Ilir Utara, Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda.

Korwil GMC Kaltim Muhammad Sadly Jaya mengatakan, program ini mengajak para anggota dan milenial untuk melakukan aksi nyata dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Dalam kegiatan ini, Sadly juga memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai capres yang peduli dengan lingkungan.

”Kami ingin menunjukkan bahwa GMC bukan hanya sekedar relawan, tetapi juga peduli dengan isu-isu lingkungan. Kami ingin berkontribusi dalam menciptakan generasi muda yang cerdas dan bertanggung jawab terhadap alam," kata Jaya dalam siaran persnya, Selasa (21/11/2023).

Dalam kegiatan ini GMC Kaltim menggandeng Gerakan Memungut Sehelai Sampah Sungai Karang Mumus (GMSS-SKM). Sebelum aksi menanam 100 pohon, 35 peserta yang hadir mendengarkan pemaparan materi tentang alam dari Koordinator Lapangan GMSS SKM Yustinus.

Tak hanya itu, Yustinus memperkenalkan GMSS SKM kepada Milenial Samarinda. Bahwa keberadaan GMSS SKM saat ini sebagai wujud melestarikan hutan berbasis sungai di Hulu Sungai Karang Mumus yang saat ini memang terhitung luas hutan Samarinda sebesar 1%.

"GMSS SKM mempunyai target untuk menyediakan kurang lebih 20.000 pohon siap tanam. Kini jumlahnya sudah mendekati 10.000 pohon. Di sini sudah terdapat 61 jenis yang kita jaga dan rawat di sini," ungkapnya.

Selain itu, Pusat Pembibitan juga mengembangkan jenis buah-buahan local. Di antaranya kapul, tarap, ketapi, mentega, ramania, krantungan, lahung, dan asam payang.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)