TNI AU Kirim VDR 2 Pesawat Super Tucano yang Jatuh di Pasuruan ke Luar Negeri

Minggu, 19 November 2023 - 19:48 WIB
loading...
TNI AU Kirim VDR 2 Pesawat Super Tucano yang Jatuh di Pasuruan ke Luar Negeri
TNI AU memastikan proses evakuasi bangkai dua pesawat tempur Super Tocano mulai dilakukan dan VDR dikirim ke luar negeri untuk dibaca. Foto/Dok.Kades Keduwung
A A A
MALANG - TNI Angkatan Udara (AU) memastikan proses evakuasi bangkai dua pesawat tempur Super Tocano mulai dilakukan. Proses evakuasi sendiri bakal dilaksanakan secara manual dengan memotong-motong bangkai pesawat.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsekal Pertama TNI R. Agung Sasongkojati menyatakan, bila opsi evakuasi melalui jalur udara menggunakan helikopter kemungkinan besar tidak akan digunakan.



Hal itu mengingat jika dilakukan akan membahayakan helikopter sendiri, karena terkena turbulensi.

"Karena jalan udara dengan helikopter tidak menjadi opsi yang mungkin karena selain faktor cuaca juga lokasi yang ekstrim, diharapkan dalam waktu seminggu ke depan sudah bisa diangkut seluruhnya," kata Agung Sasongkojati, usai mendampingi Panglima TNI bertakziah di rumah duka empat korban, Minggu (19/11/2023).



Maka Agung menuturkan, bila opsi pemotongan telah dilakukan sejak Jumat kemarin. Bahkan dua bagian pesawat yakni sistem persenjataan dan VDR - NCDC telah diamankan dan dibawa ke Lapangan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, Malang.

"Pesawat akan dipotong-potong beberapa bagian agar mudah diangkut melalui jalan darat. Untuk NCDC bisa dibaca, tetapi khusus flight recorder dari pesawat harus dikirim terlebih dahulu ke luar negeri untuk dibaca, untuk itu kita perlu waktu untuk menganalisa karena harus dikirim dulu," ujar dia.



Selama hari Minggu (19/11/2023) ini sendiri, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, berkunjung bersama istri masing-masing untuk tauziah ke rumah empat prajurit terbaik TNI AU yang gugur dalam kecelakaan pesawat tempur Super Tucano.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.5134 seconds (0.1#10.140)