Wujudkan Labuan Bajo Jadi DPSP Berkelanjutan dengan Maklumat Pariwisata

Minggu, 12 November 2023 - 13:06 WIB
loading...
Wujudkan Labuan Bajo Jadi DPSP Berkelanjutan dengan Maklumat Pariwisata
Penandatanganan Maklumat Pariwisata dalam FGD pengukuran implementasi pencapaian standar pariwisata berkelanjutan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. Foto/Ist
A A A
LABUAN BAJO - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mewujudkan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang berkelanjutan. Hal itu didukung potensi yang sangat besar baik dari segi kekayaan alam, budaya, dan ekonomi kreatif.

“Labuan Bajo telah ditetapkan sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas secara nasional. Sehingga Labuan Bajo harus memenuhi standar pariwisata berkelanjutan yang berlaku," kata Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani saat FGD pengukuran Implementasi Pencapaian Standar Pariwisata Berkelanjutan di Labuan Bajo, dikutip Minggu (12/11/2023).



Kegiatan ini diinisiasi Bidang Pengembangan Berkelanjutan dan Konservasi Kemenparekraf, Dewan Kepariwisataan Berkelanjutan Indonesia (ISTC) dan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF).

Dalam FGD ini dilakukan pula penandatanganan Maklumat Pariwisata Berkelanjutan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Direktur Utama BPOLBF, dan para pihak yang mendukung destinasi pariwisata berkelanjutan di wilayah Labuan Bajo Flores yaitu Kepala KSOP Kelas III, Kepala Balai TNK, dan Perwakilan Indonesia Waste Platform.



Giri Adnyani menjelaskan bahwa pengukuran indikator pariwisata berkelanjutan ini merupakan langkah kunci untuk menentukan dan mengevaluasi sejauh mana penerapan indikator-indikator pariwisata berkelanjutan di Labuan Bajo.

"Hasil pengukuran ini akan memberikan pandangan yang jelas tentang area-area yang memerlukan perbaikan dan perhatian khusus," lanjutnya.



Pariwisata berkelanjutan merupakan konsep pembangunan kepariwisataan yang mengacu pada keberlangsungan keanekaragaman, keunikan, kekhasan budaya, dan kekayan alam agar dapat terus dimanfaatkan hingga masa yang akan datang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)