Kisah Ratu Kalinyamat, Bertapa Telanjang demi Balaskan Dendam Kematian Keluarganya

Jum'at, 10 November 2023 - 11:52 WIB
loading...
Kisah Ratu Kalinyamat, Bertapa Telanjang demi Balaskan Dendam Kematian Keluarganya
Pertapaan Ratu Kalinyamat berada di Dukuh Sonder, Desa Tulakan, Kecamatan Donorojo, Jepara, Jawa Tengah kisaran 40 kilometer sebelah utara dari pusat Kota Jepara. Foto/iNews TV/Alip S
A A A
JAKARTA - Ratu Kalinyamat merupakan salah satu penguasa perempuan di Jepara pada abad ke-16. Dia dikenal sebagai perempuan yang berani dan tangguh.

Ratu Kalinyamat adalah putri dari Sultan Trenggana, raja ketiga Kerajaan Demak. Sebagaimana pemimpin kerajaan, Ratu Kalinyamat juga mempunyai kisah yang menarik untuk diulas. Salah satunya adalah tentang pembalasan dendam orang tuanya.

Kisah Balas Dendam Ratu Kalinyamat


Pada tahun 1549, kakak Ratu Kalinyamat, yaitu Sunan Prawata, raja keempat Demak, dibunuh oleh Arya Penangsang, adipati Jipang yang merupakan anak dari Pangeran Seda Lepen, paman Ratu Kalinyamat.



Arya Penangsang juga mengincar takhta Demak yang seharusnya menjadi hak Ratu Kalinyamat sebagai putri tertua Sultan Trenggana.

Sang ratu dan suaminya merasa marah dan sedih atas kematian Sunan Prawata. Mereka pergi ke Kudus untuk menemui Sunan Kudus, seorang ulama yang dihormati di Jawa.

Mereka berharap Sunan Kudus dapat memberikan keadilan dan menegur Arya Penangsang. Namun, ternyata Sunan Kudus malah mendukung Arya Penangsang dan menganggap pembunuhan Sunan Prawata sebagai balas dendam yang wajar atas kematian Pangeran Seda Lepen yang pernah dibunuh oleh Sunan Prawata.

Ratu Kalinyamat dan suaminya merasa kecewa dan tersinggung oleh sikap Sunan Kudus. Mereka pun pergi dan memutuskan untuk pulang ke Jepara.



Namun, di tengah perjalanan, mereka diserang oleh pasukan Arya Penangsang. Pangeran Kalinyamat tewas dalam serangan itu, sedangkan Ratu Kalinyamat berhasil lolos dengan bantuan pengawalnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2235 seconds (0.1#10.140)