Kisah Kesaktian 2 Pusaka Wali Songo yang Buat Majapahit Kalang Kabut

Jum'at, 10 November 2023 - 11:40 WIB
loading...
Kisah Kesaktian 2 Pusaka Wali Songo yang Buat Majapahit Kalang Kabut
Pusaka Wali Songo diketahui bisa membuat pasukan Majapahit kalang kabut. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Pusaka Wali Songo memiliki kemampuan yang bikin tercengang. Dalam beberapa peristiwa, sejumlah pusaka Wali Songo diketahui bisa membuat pasukan Majapahit kalang kabut.

Suatu ketika Sunan Giri dan Sunan Gunung Jati Cirebon telah menggunakan pusaka Wali Songo untuk menaklukan Majapahit. Saat itu mereka tengah berupaya untuk mengislamkan semua bupati dan pemimpin yang ada di wilayah Jawa.

Dari berbagai bupati yang ada di Pulau Jawa, hanya Raja Majapahit Prabu Brawijaya dan Adipati Klungkung yang konon menolak untuk masuk agama Islam. Mereka teguh pendirian dengan kepercayaan yang dianutnya.



Bahkan, mereka tak segan untuk melakukan upaya pemberontakan terhadap langkah para Wali Songo. Demi membela menyebarkan agama Allah SWT, Sunan Giri dan Sunan Gunung Jati pun mengeluarkan senjata pusakanya.

Kisah 2 Pusaka Wali Songo yang Membuat Majapahit Kalang Kabut


Dikutip dari buku yang bertajuk “Runtuhnya Kerajaan Hindu Jawa dan Timbulnya Negara-Negara Islam di Nusantara” yang ditulis Slamet Muljana, seluruh Wali atau Sunan pun memerintahkan putra mereka ke medan perang untuk melawan pasukkan Majapahit.

Dari sembilan wali, Sunan Kudus yang ikut terjun ke medang perang tersebut dengan pemimpin pasukan demak bernama Raden Iman. Sedangkan pasukkan Majapahit dipimpin oleh Gajah Mada, Adipati Terung, dan Dayaningrat yang berasal dari Pengging.



Sebagai bekal untuk pasukkan Majapahit, Sunan Giri pun memberikan pusakanya berupa keris yang dinamai ‘Keris Makripat’ kepada Raden Iman. Sedangkan Sunan Gunung Jati Cirebon memberikan pusaka yang dinamakan ‘Badong’.

Kedua benda tersebut konon memiliki kesaktian yang luar biasa. Dengan kekuatan dan kesaktiannya, pasukan Majapahit pun kocar-kacir hingga lari terbirit-birit meninggalkan medang perang itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)