Lembata Kembali Digoyang Gempa 4,9 SR, Durasi Lebih Lama

Rabu, 11 Oktober 2017 - 08:23 WIB
Lembata Kembali Digoyang Gempa 4,9 SR, Durasi Lebih Lama
Lembata Kembali Digoyang Gempa 4,9 SR, Durasi Lebih Lama
A A A
LEMBATA - Gempa bumi tektonik susulan kembali mengguncang Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sekitarnya, Rabu (11/10/2017) sekitar pukul 07.10 WITA. Gempa bumi berkekuatan magnitudo, 4,9 SR gempa kali ini dirasakan lebih lama dari gempa kemarin.

Sesuai hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geologi (BMKG), pusat gempa bumi berada di laut 29 km arah Barat Laut Kota Lewoleba Lembata. Pada koordinat 8.23 LS dan 123.37 BT di laut kedalaman 10 km.

Sedangkan analisis peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, dampak gempabumi ini menimbulkan guncangan pada II Skala Intensitas Gempabumi BMKG (SIG-BMKG) atau III - IV skala intensitas Modified Mercally Intensity (MMI) di wilayah LEMBATA.

"Kemudian berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG getaran gempabumi dirasakan II SIG-BMKG (III-IV MMI) di wilayah Lembata," kata Hasanudin, Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang.

Dia menjelaskan, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan jenis gempa bumi tektonik akibat sesar aktif di sekitar Lembata hingga memicu terjadinya gempa bumi. "Terkait dengan peristiwa gempa bumi Lembata yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 08.00 WITA, belum terjadi aktivitas gempabumi susulan,” katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1990 seconds (0.1#10.140)