Perkuat Dukungan Ganjar, Dinasti Nusantara Libatkan Peran Seniman

Minggu, 05 November 2023 - 11:18 WIB
loading...
Perkuat Dukungan Ganjar, Dinasti Nusantara Libatkan Peran Seniman
Relawan Dinasti Nusantara bersilaturahmi dengan pegiat seni dan budaya di Kabupaten Banyumas dan Kebumen, sabtu (4/11/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANYUMAS - Para raja, sultan, ratu, dan tokoh adat di Indonesia yang berjejaring dalam Dinasti Nusantara bersilaturahmi dengan pegiat seni dan budaya di Kabupaten Banyumas dan Kebumen. Silaturahmi ini disambut antusiasme ratusan pegiat seni dan budaya hingga santri.

Mereka tampak kompak mengenakan pakaian adat jawa sebagai simbol keberagaman dan kekayaan Indonesia. Penggagas dan penasihat Dinasti Nusantara, Sri Paduka KGPAA Mangku Alam II mengungkapkan pertemuan tersebut menciptakan suasana keakraban dan solidaritas untuk memperkuat konsolidasi dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024.

"Kami menggalang dukungan untuk bapak secara adat dan kita simbolkan dengan penandatanganan surat dukungan dan juga penandatanganan spanduk dukungan di setiap daerah," katanya di Kampoeng Pule, Desa Gumelar Lor, Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas, Sabtu (4/11/2023).

Dukungan ini ditandai dengan penandatanganan bersama ratusan pegiat seni budaya se-kabupaten Banyumas dan Kebumen. Mereka yakin bahwa Ganjar mampu membawa pengembangan seni budaya yang lebih inklusif.

Sri Paduka KGPAA Mangku Alam II menyebut Ganjar dapat mendorong pelestarian adat dan budaya kerajaan serta meningkatkan kesejahteraan para pegiat seni budaya daerah di masa mendatang. Keyakinan ini diperkuat oleh rekam jejak Ganjar selama menjabat gubernur Jateng dua periode.

Pria berambut putih itu sangat peduli terhadap adat-kebudayaan nusantara agar tetap dikenal dan tidak punah seiring perkembangan zaman. "Kami juga sudah beberapa kali audience dengan Pak Ganjar dan Pak Ganjar memberikan komitmennya mendukung adat dan budaya serta pelestariannya nanti jika beliau duduk sebagai presiden," tuturnya.

Dinasti Nusantara akan terus mendorong Ganjar membentuk sebuah lembaga resmi untuk mewadahi para pemuka kerajaan, pemuka adat, hingga pemuka agama di Indonesia. Selain itu, beragam aspirasi yang disampaikan para pegiat seni budaya kali ini juga akan dibahas dan ditindaklanjuti bersama Ganjar Pranowo di masa mendatang.

Mulai dari pembentukan lembaga budaya tingkat nasional hingga daerah, mendorong kesejahteraan pegiat seni dan budaya, dan lain sebagainya. "Itu yang kita komit beliau itu yang buat kita semangat dukung beliau di daerah-daerah, dan itu yang mambuat kita bersafari berkeliling ke sekian banyak daerah," jelasnya.

Silaturahmi dihadiri sejumlah seniman dan budayawan lokal se-Kabupaten Banyumas hingga Kebumen. Mereka di antaranya Dalang Wayang Kulit Ki Wartun Gati Wicoro, Pelaku Seni Karawitan/Pesinden Banyumasan Suharni, Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani) Ki. Purwo Santoso, Paguyuban Kuda Kepang, hingga para santri pegiat seni.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)