Golongan Manusia yang Wajahnya Berseri Saat Hari Kiamat

Kamis, 02 November 2023 - 19:58 WIB
loading...
Golongan Manusia yang Wajahnya Berseri Saat Hari Kiamat
Pada hari kiamat kelak semua manusia dikumpulkan di Padang Mahsyar, ketika mereka dibangkitkan dengan wajah yang berbeda-beda sesuai dengan amal ibadah yang telah diperbuat selama hidup di dunia. Foto ilustrasi/ist
A A A
Hari Kiamat merupakan hari yang pasti akan datang, namun tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan waktunya. Kiamat datang menjadi tanda berakhirnya kehidupan manusia di alam dunia.

Setelah datangnya hari kiamat , seluruh manusia yang sudah meninggal akan dibangkitkan kembali di Padang Mahsyar. Hal itu sesuai dengan firman Allah dalam surat Al Mukminun ayat 15-16.

Allah SWT berfirman:

ثُمَّ إِنَّكُمْ بَعْدَ ذَلِكَ لَمَيِّتُونَ (15) ثُمَّ إِنَّكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ تُبْعَثُونَ


Arinya:" Kemudian, sesudah itu, Sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan mati. Kemudian, Sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari kiamat." (QS. Al-Mukminun : 15-16).

Dalam surat lain juga telah diterangkan bahwa manusia akan dibangkitkan dengan wajah yang berbeda-beda sesuai dengan amal ibadah yang telah diperbuat selama hidup di dunia. Bagi yang banyak melakukan dosa akan berwajah hitam dan suram.

Sementara yang paling banyak perbuatan baiknya, akan mempunyai wajah yang berseri. Lantas, siapa golongan yang memiliki keistimewaan wajah berseri pada saat hari kiamat itu? Berikut ulasannya.

Golongan Orang yang Dibangkitkan dengan Wajah yang Berseri

1. Orang yang Bertaqwa Kepada Allah

Golongan pertama adalah orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, menjalankan perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya, dan bertaubat dari segala dosa. Golongan ini akan dibangkitkan dengan wajah putih berseri dan ceria karena amalan mereka selama di dunia.

Allah SWT juga pernah berfirman dalam Surat Al-Baqarah ayat 82. Berikut bunyinya:

وَالَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اُولٰٓٮِٕكَ اَصۡحٰبُ الۡجَـنَّةِ ‌‌ۚ هُمۡ فِيۡهَا خٰلِدُوۡنَ


Artinya: Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu penghuni surga. Mereka kekal di dalamnya. (QS. Al-Baqarah: 82)

2. Golongan Orang yang Selalu Mengingat Allah

Orang-orang yang selalu mengingat Allah SWT dalam segala keadaan, baik di waktu senang maupun susah, baik di waktu lapang maupun sempit juga akan dibangkitkan dengan wajah yang berseri.

Mereka adalah orang-orang yang hatinya selalu terhubung dengan Allah SWT, dan tidak lupa bersyukur, beristighfar, dan berdoa kepada-Nya. Hal tersebut pernah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam suatu hadits.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ قَالَ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ فِي يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ حُطَّتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ


Artinya: Dari Abu Hurairah radliallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa mengucapkan Subhanallah wabihamdihi Maha suci Allah dan segala pujian hanya untuk-Nya sehari seratus kali, maka kesalahan-kesalahannya akan terampuni walaupun sebanyak buih di lautan." (HR. Bukhari) (No. 6405 Fathul Bari) Shahih.

3. Orang yang Berjihad di Jalan Allah SWT

Orang yang berjihad di jalan Allah akan dibangkitkan di hari kiamat dengan wajah yang berseri, karena mereka telah mengorbankan segala sesuatu untuk membela agama dan kebenaran. Mereka akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT, dan akan dimasukkan ke dalam surga yang penuh kenikmatan.

Orang yang meninggal dalam keadaan syahid nantinya akan berkumpul bersama para nabi, para shiddiqin, para syuhada, dan para shalihin. Mereka akan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, dan akan diselamatkan dari siksa neraka.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1563 seconds (0.1#10.140)