Malam 1 Suro Keraton Yogya Gelar Ritual Mubeng Beteng

Rabu, 20 September 2017 - 16:44 WIB
Malam 1 Suro Keraton Yogya Gelar Ritual Mubeng Beteng
Malam 1 Suro Keraton Yogya Gelar Ritual Mubeng Beteng
A A A
YOGYAKARTA - Keraton Ngayogyokarta Hadiningrat akan menggelar ritual Lampah Budaya Mubeng Beteng Tapa Bisu dalam menyambut 1 Sura atau tahun baru Jawa pada Kamis malam (21/9/2017). Acara tersebut akan dimulai pukul 20.00 WIB dengan start dan finis di Bangsal Ponconiti pelataran keban Kraton dengan jarak tempuh sekitar 3 kilometer (km).

Ketua Panitia Lampah Budaya Mubeng Beteng Keraton Ngayoyakarta KRT Gondohadiningrat mengatakan sebelum prosesi Lampah Budaya Mubeng Beteng dimulai, diawali dengan doa bersama di Bangsal Ponconiti.

Untuk rutenya dari Bangsal Ponconiti Pelataran Keben Kraton, Kecamatan Kraton, Alun-alun utara, Pojok Beteng Kulon, Lengkung Gading, Pojok Beteng Timur, Jalan Brigjen Katamso, Jalan Ibu Ruswo, Alun-alun Utara dari arah timur dan kembali Bangsal Ponconiti Pelataran Keben Keraton.

“Saat prosesi berlangsung baik abdi dalem dan warga tidak boleh berbicara atau membisu. Ttujuannya untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa,” kata KRT Gondohadiningrat, Rabu (20/9/2017).

KRT Gondohadiningrat menjelaskan, selain tidak boleh bicara selama perjalanan Mubeng Beteng, para abdi dalam juga harus mengenakan pakaian peranakan tanpa mengenakan keris serta tidak beralas kaki.

Acara Mubeng Beteng menyambut tahun baru Jawa, 1 Sura juga akan dilaksanakan Kadipaten Pakualam. Acara akan dimulai pada pukul 23.00 WIB, dengan star dan finish di Kagungan Dalem Plataran Pura Pakualaman.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5715 seconds (0.1#10.140)