Kemarau Panjang, Cadangan Air Waduk Sermo Menyusut

Kamis, 14 September 2017 - 18:58 WIB
Kemarau Panjang, Cadangan Air Waduk Sermo Menyusut
Kemarau Panjang, Cadangan Air Waduk Sermo Menyusut
A A A
KULON PROGO - Kemarau panjang mengakibatkan cadangan air di Waduk Sermo yang berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengalami penyusutan. Saat ini kondisi air berada di posisi 131,20 mdpl, di bawah kondisi normal 136,60 mdpl.

"Terjadi penurunan sekitar 5 mdpl, karena debit air yang masuk berkurang," jelas Petugas Monitoring Bendungan Waduk Sermo, Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) Prabowo Andriyanto, Kamis (14/9/2017).

Penurunan ini sudah mulai terasa sejak bulan April silam. Penurunan air terlihat secara kasat mata, namun kondisi air masih dalam ambang batas normal. Waduk Sermo akan masuk dalam siaga kekeringan ketika elevasinya berada 124 mdpl. "Meski turun, air cukup untuk PDAM maupun irigasi," katanya.

Pada musim kemarau seperti saat ini, petani lebih banyak menanam palawija yang tidak butuh pasokan air. Irigasi dari Waduk Sermo akan dialirkan sesuai permintaan dari Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) ke Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulon Progo. Setiap 15 hari digelar rapat bersama terkait kebutuhan air irigasi. Saat ini pintu air sedang ditutup setelah beberapa hari lalu ada permintaan dari daerah irigasi Kamal untuk penanaman jagung.

Kepala Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulon Progo Hadipriyanto mengatakan, pada saat masa tanam (MT) ketiga atau masa tanam palawija, irigasi Waduk Sermo hanya dialirkan secara temporer berdasarkan permintaan dari Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

"Kalau MT I dan MT II (padi) dialirkan sesuai Perbup. Tapi kalau MT III karena sering ada konflik, ada yang mau dialirkan tapi ada yang tidak mau, sehingga mekanismenya harus ada permohonan dengan surat tertulis."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7680 seconds (0.1#10.140)