Viral Jembatan Kaca Kampung Wisata Sungai Brantas Malang Retak, Begini Faktanya

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 13:44 WIB
loading...
Viral Jembatan Kaca Kampung Wisata Sungai Brantas Malang Retak, Begini Faktanya
Jembatan kaca yang membentang di Sungai Brantas antara Wisata Kampung Tridi dan Kampung Warna - Warni Malang retak. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Jembatan kaca yang membentang di Sungai Brantas antara Wisata Kampung Tridi dan Kampung Warna - Warni Malang diisukan retak. Keretakan bangunan jembatan beredar di pesan berantai dan sempat dikhawatirkan warga yang berkunjung ke wisata kampung tematik.

Pantauan SINDOnews pada Jumat (27/10/2023) keretakan terjadi di jembatan sisi utara atau sisi Wisata Kampung Tridi. Keretakan terjadi tidak terlalu parah dengan diameter keretakan panjang sekitar 15 sentimeter, dari lebar jembatan 1,25 meter.

Tetapi keretakan tidak terjadi di konstruksi dasar jembatan dan bawah jembatan. Secara konstruksi jembatan pun masih cukup kuat karena adanya baja penyangga besi bentang yang dilapis oleh baja di lapisan bawah cor-corannya.



Bahkan secara keamanan jembatan masih cukup aman. Tampak beberapa wisatawan asing juga terlihat menikmati kawasan wisata kampung tematik di Kota Malang ini.

Ketua RT 3 RW 12 Ahmad Soleh menyatakan, keretakan jembatan memang telah terjadi sejak lama. Ia menduga keretakan terjadi karena adanya getaran dari jalur kereta api yang berjarak 50 meter dari jembatan kaca yang membentang di atas Sungai Brantas.

”Kena getaran kereta api kalau malam, apalagi kalau kereta Pertamina itu kan getarannya kerasa, di sini saja sampai kerasa getarannya,” ucap Soleh kepada wartawan saat ditemui di lokasi.

Menurut dia, keretakan itu masih tergolong aman karena di bawah lapisan beton cor terdapat baja besi yang menyangga jembatan. Keretakan itu hanya terjadi lantai jembatan yang dilapisi cor beton.



“Yang kacanya nggak retak, itu nggak mungkin retak. Kalau yang cornya itu memang sudah dibetulkan tiga kali retak lagi, sudah sebulan yang lalu,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9047 seconds (0.1#10.140)