Ratusan Pelamar PPPK di Bantul Protes Gegara Tak Lolos Seleksi Administrasi

Kamis, 26 Oktober 2023 - 16:47 WIB
loading...
Ratusan Pelamar PPPK di Bantul Protes Gegara Tak Lolos Seleksi Administrasi
Ratusan orang pendaftar seleksi penerimaan PPPK di menggelar protes ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Bantul, DIY. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
BANTUL - Ratusan orang pendaftar seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di menggelar protes ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Bantul, DIY. Mereka mengajukan aksiprotes lantaran gagal dalam proses seleksi administrasi.

Kepala BKSDM Bantul Isa Budi Hartomo menyebut ada sebanyak 136 orang yang tidak menerima hasil seleksi PPPK. Mereka kemudian diberikan kesempatan mengajukan protes dalam masa sanggah ini.



"Alasannya ,menurut verifikasi tidak memenuhi syarat. Jadi mereka mengajukan sanggah," kata Isa, Kamis (26/10/2023).

Paling banyak pelamar yang menggunakan hak sanggah berasal dari pendaftar formasi tenaga kesehatan. Berdasarkan data yang dia terima, para pelamar yang gugur di tahap seleksi administrasi lantaran ijazah dan surat pengalaman kerja yang tidak sesuai dengan yang ditentukan.



"Yang pertama ijazah tidak sesuai, terus yang kedua pengalaman kerja. Contohnya pemadam kebakaran, kan syaratnya dua tahun di pemadaman kebakaran. Tetapi yang mendaftar pengalaman kerjanya jadi satpam. Kan, itu tidak sesuai," jelasnya.

Lebih lanjut, Isa mengatakan dari hasil pemeriksaan ulang, ada 10 orang pelamar yang kemudian dinyatakan lolos dan berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.



Adapun jumlah pendaftar mencapai 2.290, namun yang memenuhi syarat lolos seleksi administrasi hanya 1.555 pelamar. Rinciannya, 852 tenaga kesehatan dan sisanya 695 tenaga teknis.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1920 seconds (0.1#10.140)