alexa snippet

Hutan di Kaki Gunung Burangrang Terbakar, Diduga Ulah Pendaki

Hutan di Kaki Gunung Burangrang Terbakar, Diduga Ulah Pendaki
Petugas Polhut KPH Bandung Utara beserta warga berupaya memadamkan api yang membakar hutan di kaki Gunung Burangrang. Foto/KORAN SINDO/Adi Haryanto
A+ A-
BANDUNG BARAT - Sekitar seperempat hektare area hutan di kaki Gunung Burangrang terbakar sejak Kamis (24/8/2017) sore. Area yang terbakar berada petak 32 C dan berbatasan dengan petak 35 F yang masuk wilayah teritorial Kampung Nyalindung, Desa Tugumukti, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat (Jabar).

Komandan Polisi Hutan (KPH) Bandung Utara Susanto mengatakan, lokasi kebakaran berada sekitar 100 meter di atas Curug Palasari dengan medan yang sangat curam. “Luas baku area hutan di sana 250 hektare (ha) dan yang terbakar sekitar 0,25 hektare atau seperempatnya,” ungkapnya, Jumat (25/8/2017).

Susanto menduga kebakaran itu diakibatkan oleh pendaki Gunung Burangrang yang lupa memadamkan puntung rokok. Kondisi itu yang menyebabkan timbulnya api. Terlebih saat ini cuaca sedang panas dan angin bertiup kencang. Ini memicu terbakarnya ilalang dan rumput paku yang memiliki tinggi satu meter. “Untuk sementara faktor penyebab kebakaran karena kelalaian pendaki yang membuang rokok sembarangan,” sambungnya.

Saat ini api berhasil dipadamkan dan dilakukan penyekatan dengan menggali parit agar api tidak menjalar lebih luas. Proses pemadaman api dilakukan oleh petugas dari Asper /KBKPH Padalarang, KRPH, Polhut, masyarakat desa hutan, dengan jumlah personel mencapai 49 orang. “Proses pemadaman api hanya bisa dilakukan secara manual karena sumber air tidak ada. Karena itu proses pemadaman dilakukan hingga lima jam lebih,” tandasnya.
(mcm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top