Gunung Papandayan Garut Kebakaran, Aktivitas Pendakian Ditutup

Senin, 23 Oktober 2023 - 06:20 WIB
loading...
Gunung Papandayan Garut Kebakaran, Aktivitas Pendakian Ditutup
Personel Polri dan TNI disiagakan di Gunung Papandayan saat kebakaran melanda gunung api pada Minggu (22/10/2023) malam. Foto/MPI/Fani Ferdiansyah
A A A
GARUT - Kegiatan pendakian di Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut ditutup sementara. Penutupan terpaksa dilakukan sebagai dampak dari kebakaran yang melanda salah satu gunung api di Garut tersebut.

Kapolsek Cisurupan Iptu Asep Saepudin mengatakan, kebakaran di Gunung Papandayan diketahui terjadi sejak pukul 19.30 WIB. Menurut dia, api hingga saat ini masih terlihat di Gunung Papandayan.

“Titik api cukup terlihat jelas dari perkampungan warga yang ada di sekitar Gunung Papandayan. Kondisi api memang masih cukup terlihat besar, kami bersama TNI dari Koramil Cisurupan akan melakukan upaya pemadaman,” kata Iptu Asep Saepudin, Senin (23/10/2023).



Ia menerangkan bahwa lokasi kebakaran diketahui berada di blok Tegal Alun. Wilayah ini masih di kawasan Gunung Papandayan yang rutin menjadi tujuan pendakian. “Lokasi titik api berada cukup jauh di tengah gunung,” ujarnya.

Karena hal tersebut, pihaknya mengakui bahwa petugas akan menemukan kendala saat melakukan pemadaman.”Segala upaya akan dilakukan agar kebakaran tidak sampai melebar ke lokasi lain,” ucapnya.



Hingga saat ini, lanjutnya, belum diketahui penyebab kebakaran yang terjadi. Pasalnya, faktor alam berupa kemarau panjang dapat menjadi pemicu kebakaran, selain diakibatkan oleh ulah manusia.

“Kebakaran ini meluas ke titik lain yang biasa didatangi pendaki, sehingga penutupan kegiatan pendakian sementara perlu dilakukan. Kami akan berupaya maksimal bersama unsur TNI dan lainnya untuk melakukan pemadaman,” tandasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)