Keren! Pesawat N-219 Jalani Tes Terbang Hari Ini

Rabu, 16 Agustus 2017 - 08:58 WIB
Keren! Pesawat N-219 Jalani Tes Terbang Hari Ini
Keren! Pesawat N-219 Jalani Tes Terbang Hari Ini
A A A
BANDUNG - Pesawat N-219, karya anak bangsa hasil pengembangan PT Dirgantara Indonesia (PT DI) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), siap menjalani test flight atau tes terbang hari ini. Rencananya, pesawat akan take off dari landasan Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, sekitar pukul 09.00 WIB. Berbagai persiapan pun sudah dilakukan secara matang.

Asisten Khusus Pengembangan Pesawat Terbang PT DI, Andi Alisjahbana, mengatakan hari ini hanya dilakukan test flight. Tidak ada kegiatan seremonial yang terkesan seperti sebuah pesta. "Test flight ini dilakukan setelah kita melakukan berbagai tes dan persiapan (tes terbang hari ini) sudah kita lakukan," katanya saat ditemui di lokasi.

Pesawat N-219 sendiri jadi momentum sejarah bagi kedirgantaraan Indonesia. Sebab, pesawat itu merupakan asli karya anak bangsa, dirancang oleh para engineer lokal. N-219 merupakan pesawat lokal kedua setelah N-250 yang dirancang BJ Habibie. "Jadi jaraknya hampir 22 tahun," ungkap Andi.

Pantauan Okezone di lokasi, pesawat N-219 yang didominasi berwarna putih sudah mejeng. Pada bagian samping pesawat berkapasitas 19 penumpang itu terdapat tulisan N-219 dengan kalimat "Produk Anak Bangsa Hadir Untuk Negeri" pada bagian bawahnya. Pada ekor pesawat, terlihat gambar bendera Indonesia dan logo HUT Kemerdekaan ke-72 RI.

N-250 sendiri menjalani penerbangan perdana pada 10 Agustus 1995 silam. Soal rute yang akan ditempuh dalam tes terbang tersebut, Andi mengatakan N-219 akan mengudara di sekitar Bandung, salah satunya melewati kawasan Batujajar di Kabupaten Bandung Barat. "Pokoknya aman, kita tidak terbang di atas (permukiman) penduduk," ucap Andi.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9413 seconds (0.1#10.140)