Anggota DPR Bali Dukung Energi Geothermal Hasilkan Energi Bersih

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 20:58 WIB
loading...
Anggota DPR Bali Dukung Energi Geothermal Hasilkan Energi Bersih
Sosialisasi proses transisi energi bersih dan berkelanjutan yang digelar di Bali. Foto/Ist
A A A
DENPASAR - DPR memberikan dukungan untuk pengembangan, eksplorasi, dan produksi energi panas bumi di Indonesia. Sehingga bisa mendukung diversifikasi sumber energi keberlanjutan sebagai upaya untuk menciptakan ekonomi hijau.

Hal ini dikarenakan, kondisi hari ini dunia mengalami tantangan perubahan iklim akibat dampak emisi karbon yang cukup besar jumlahnya.



Namun upaya mendukung transisi energi bersih sebagai langkah untuk menjaga kenyamanan kualitas udara di bumi yang saat ini masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah.

Hal ini disampaikan anggota Komisi VI DPR RI dari Bali, Putu Supadma Rudana dalam sosialisasi BUMN Energi bertema Peran Pertamina Geothermal Energy (PGEO) Dalam Proses Transisi Energi Bersih dan Keberlanjutan yang digelar di Bali.

“Kita Apresiasi PGEO, mereka mampu mengelola rantai nilai produksi energi panas bumi mulai dari eksplorasi hingga distribusi. Memiliki kapasitas terpasang secara own operation sebanyak 672 MW, dan 1205 MW dari Joint Operation Contract (JOC) yang berasal dari 15 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) yang terbagi ke dalam 6 (enam) area operasi,” ujar Putu Supadma Rudana, dikutip Jumat (13/10/2023).

Untuk hal itu, PGEO menurut Putu harus mampu memberikan solusi bagi tantangan Indonesia saat ini.



“Harus memiliki portofolio proyek yang luas dan beragam dengan teknologi canggih dan tim ahli yang berpengalaman. Saya mendukung upaya pengembangan energi bersih dan energi baru terbarukan secara nasional ini,” tegas Putu.

Meski demikian, kata politisi Demokrat ini, upaya menjawab tantangan tersebut seyogyanya dilakukan secara parsial dan kerja sama dengan pihak lain dan kolaborasi lintas sektor.

“Dengan kapasitas yang kuat dan jaringan area operasi yang luas, perusahaan ini saya kira punya komitmen untuk memberikan kontribusi positif dalam pasokan energi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan bagi masa depan negara dan planet kita,” terangnya.

Sebagai tambahan informasi, area operasi PGEO dari 13 Wilayah Kerja se-Indonesia, di antaranya yakni Kamojang, Karaha, Lahendong, Gunung Sibualu-Buali, Gunung Sibayak-Sinabung, Sungai Penuh, Hululais, Lumut Balai dan Margabayur, Way Panas, Pangalengan, Cibereum-Parabakti, Tabanan dan Seulawah.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4239 seconds (0.1#10.140)