Festival Lampion Dongkrak Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Bantul

Senin, 09 Oktober 2023 - 16:32 WIB
loading...
Festival Lampion Dongkrak Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Bantul
Ribuan lampion dilepaskan oleh wisatawan di acara Festival Lampion Gumuk Pasir. foto/Ist
A A A
BANTUL - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul mengklaim kunjungan wisatawan mengalami peningkatan pada masa liburan pekan lalu. Peningkatan jumlah wisatawan ini disebut-sebut imbas dari adanya festival lampion yang dilaksanakan pada Sabtu (07/10/2023) lalu.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dispar Bantul Markus Purnomo Aji menyebut pelaksanaan festival lampion mampu menghasilkan sekitar Rp 124 juta Pendapatan Asli Daerah (PAD). Menurutnya, festival lampion turut berkontribusi menambah hingga 41 persen kunjungan wisatawan.

“Ada 12.733 wisatawan yang tercatat,” katanya, Senin (09/10/2023).

Hal ini juga berdampak pada peningkatan kunjungan selama sepekan kemarin. Dimana, ada 48.655 wisatawan dengan perolehan PAD sebesar Rp469 juta. Menurutnya, festival lampion yang digelar telah berhasil menggaet wisatawan lokal maupun nasional untuk berkunjung.



“Festival lampion merupakan realisasi dana keistimewaan sebagai promosi dan branding destinasi wisata Gumuk Pasir,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dispar Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan bahwa Kabupaten Bantul memiliki kekayaan alam pesisir pantai yang tidak banyak dimiliki negara lain. Seperti Gumuk Pasir tipe barchan yang hanya ada satu di Kawasan Asia Tenggara.

“Dan itu hanya kita yang punya,” ucapnya.

Oleh karena itu, potensi tersebut perlu dikenalkan lebih luas kepada masyarakat umum salah satunya dengan gelaran-gelaran festival yang dapat menarik kunjungan wisatawan seperti halnya festival lampion. Melalui kegiatan tersebut, Kwintarto berharap destinasi wisata Bantul bisa menjadi tujuan utama tempat berlibur.

“Melalui kegiatan promosi, diharapkan Kabupaten Bantul menjadi top of mind bagi wisatawan,” katanya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)