Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Puluhan Anak Anggota TNI AD Jalani Tes Urine

loading...
Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Puluhan Anak Anggota TNI AD Jalani Tes Urine
Mencegah penyalahgunaan narkoba puluhan orang dari Himpunan Putra-Putri TNI Angkatan Darat (Hipakad) menjalani tes urine yang digelar oleh BNN Provinsi Jawa Timur. (Foto/Inews TV/Hari Tambayong)
SURABAYA - Mencegah penyalahgunaan narkoba puluhan orang dari Himpunan Putra-Putri TNI Angkatan Darat (Hipakad) menjalani tes urine yang digelar oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Timur.

Selain menjalani tes urine, puluhan anak kolong---sebutan anak tentara---ini juga mendapat edukasi tentang bahaya narkoba.

Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja saat pandemi COVID-19 mendapat perhatian khusus dari BNNP Jawa Timur. Anak-anak TNI AD ini dites urine di sebuah hotel di Surabaya. Sekitar 50 orang menjalani tes urine.

Hasilnya dari puluhan remaja yang dilakukan tes urine tidak ada satu pun positif menyalahgunakan narkoba. Tes urine ini dilakukan karena peredaran atau pun penyalahgunaan narkoba saat pandemi COVID-19 di Indonesia khususnya di Jawa Timur masih banyak ditemukan. (BACA JUGA: Dokter Top Rusia: Covid-19 Adalah Latihan untuk Perang Biologis)

Dengan dalih beragam, mulai dari menganggur atau pun karena tertekan tidak mendapatkan pekerjaan dan sebagainya. Selain dilakukan tes urine mereka juga mendapat edukasi mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba dan zat terlarang lainnya. Serta menjadi tenaga penyuluh anti narkoba di daerah.



Priyo Efendi Ketua Hipakad Jatim Priyo Efendi mengatakan jika nantinya diketahui ada anggota dari Hipakad yang menyalahgunaan narkoba, selain memberi sanski tegas berupa pemecatan juga langsung diserahkan ke polisi untuk menjalani proses hukum.(BACA JUGA: Perang Indonesia vs Malaysia di Putaran Final Piala Thomas 2020)

“Saat ini kita mengadakan pelatihan dalam rangka membentuk satuan relawan pegiat. Relawan ini sebagai kepanjangan tangan BNNP hal ini sabagai sasaran dari pegiat untuk memberantas narkoba,” kata Brigjen Pol Bambang selaku Kepala BNNP Jatim
(vit)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top