Hutan Mangrove Jadi Benteng Alami dari Erosi, Ribuan Pohon Ditanam di Pantai Cirebon

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 13:49 WIB
loading...
Hutan Mangrove Jadi Benteng Alami dari Erosi, Ribuan Pohon Ditanam di Pantai Cirebon
PT Pegadaian Wilayah X Jawa Barat bersama Pemprov Jabar dengan sejumlah pihak menginisiasi penanaman 10.000 pohon mangrove di area pantai di Desa Pangarengan, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Hutan mangrove adalah ekosistem penting yang tumbuh di antara daratan dan lautan. Akar-akar mangrove yang kuat akan menjaga tanah di sekitar garis pantai.

Bukan hanya itu, hutan mangrove juga menjadi tempat hidup dan sumber makanan bagi sejumlah jenis satwa. Karenanya, keberlangsungan hutan mangrove perlu dijaga karena menjadi benteng alami untuk melindungi pesisir dari erosi dan serangan gelombang besar.

Atas dasar itu, PT Pegadaian Wilayah X Jawa Barat dengan sejumlah pihak menginisiasi acara penanaman 10.000 pohon mangrove di area pantai di Desa Pangarengan, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, pada Jumat (6/10/2023).



Selain untuk melestarikan hutan mangrove di are lautan Cirebon, kegiatan ini juga sekaligus memperingati World Habitat Day yang jatuh pada 3 Oktober 2023.

Pemimpin PT Pegadaian Wilayah X Jawa Barat, Muh Ariyadi Purwanto mengatakan, penanaman pohon mangrove di area pantai di Cirebon adalah konsistensi Pegadaian dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

”Salah satunya mendukung dalam kegiatan pelestarian hutan mangrove, mengingat betapa pentingnya mangrove bagi kelestarian dan lingkungan di sekitar pantai,” ucap Ariyadi.

Di tengah kegiatan menanam pohon Mangrove, Ariyadi juga menjelaskan layanana PT Pegadaian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.



Ia menyebut, saat ini nasabah dapat bertransaksi di 5000-an agen Pegadaian yang dapat melayani berbagai produk, mulai dari gadai, KUR, pembiayaan cicil kendaraan, hingga investasi emas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)