Hot! BMKG Prediksi Semarang Jadi Kota Terpanas Pada 8-9 Oktober

Rabu, 04 Oktober 2023 - 13:27 WIB
loading...
Hot! BMKG Prediksi Semarang Jadi Kota Terpanas Pada 8-9 Oktober
BMKG memprakirakan Semarang menjadi kota dengan suhu udara terpanas pada 8 hingga 9 Oktober 2023 mendatang. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
SEMARANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Semarang, Jawa Tengah menjadi kota dengan suhu terpanas pada tanggal 8 hingga 9 Oktober 2023 mendatang. Suhu udara saat itu diprediksi mencapai 37 derajat Celcius

“Prediksi suhu tertinggi mencapai 37 derajat Celcius tanggal 8-9 Oktober 2023 di Semarang,” ungkap BMKG dalam keterangannya, Rabu (4/10/2023).



Sementara itu, BMKG menjelaskan penyebab suhu udara panas beberapa waktu terakhir. Musim kemarau dengan dominasi cuaca cerah pada siang hari di sebagian besar wilayah Indonesia menyebabkan penyinaran matahari ke permukaan bumi maksimal.



Selain itu, kontribusi dari posisi semu matahari masih bergerak ke selatan ekuator yang berdampak pada penyinaran matahari yang relatif lebih intens dibandingkan wilayah lainnya.

“Faktor-faktor lain seperti kecepatan angin, tutupan awan, dan tingkat kelembaban udara juga mempengaruhi kondisi suhu panas di suatu wilayah”.

Cuaca panas dan terik di beberapa wilayah diprediksi masih dapat berlangsung selama bulan Oktober 2023.



“Penurunan suhu diprediksi mulai terjadi pada bulan November seiring dengan mulainya masa peralihan atau pancaroba di beberapa wilayah,” lanjut keterangan tersebut.

BMKG menyatakan sebagian besar wilayah di Indonesia mengalami kondisi yang lebih kering dengan intensitas hujan rendah yang dapat berdampak pada kekeringan.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kondisi tubuh dan kecukupan cairan tubuh terutama bagi warga yang beraktifitas di luar ruangan pada siang hari supaya tidak terjadi dehidrasi, kelelahan, dan dampak buruk lainnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)