Sejarah Kadipaten Pakualaman: Wilayah, Pembentukan, dan Daftar Penguasa

Senin, 02 Oktober 2023 - 16:50 WIB
loading...
Sejarah Kadipaten Pakualaman: Wilayah, Pembentukan, dan Daftar Penguasa
Sejarah Kadipaten Pakualaman. Foto/Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Yogyakarta
A A A
JAKARTA - Sejarah Kadipaten Pakualaman menarik untuk diulas. Daerah yang dikuasai oleh adipati ini terletak di kota Yogyakarta .

Sebagai entitas tradisional dengan sejarah yang kaya, Pakualaman memiliki peran penting dalam perkembangan budaya dan politik di Jawa. Pada masa lalu, Kadipaten Pakualaman adalah suatu entitas yang bersifat tergantung dan berstruktur sebagai kerajaan.

Tetapi pada tahun 1950, status tergantung negara Kadipaten Pakualaman diubah menjadi wilayah khusus setara dengan provinsi yang disebut Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejarah Kadipaten Pakualaman


Dilansir dari laman resmi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta, Kadipaten Pakualaman atau Nagari Pakualaman adalah kerajaan yang memiliki ketergantungan pada negara induk.



Kedaulatan dan pengaturan pemerintahan negara ini diatur sesuai dengan perjanjian politik yang dibuat bersama dengan negara induk.

Seiring dengan pilihan negara induk untuk menjadi negara kesatuan, pada tahun 1950, status Kadipaten Pakualaman sebagai negara dependen turun menjadi daerah istimewa setara provinsi. Hal ini bersama dengan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Kadipaten Pakualaman atau Negeri Pakualaman didirikan pada 17 Maret 1813 dengan dinobatkannya Pangeran Notokusumo sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Paku Alam I oleh Gubernur Jenderal Sir Thomas Raffles.

Hal ini terkait dengan pertikaian Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat melawan pemerintahan Belanda di bawah pengaruh Prancis.

Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels menyerang Kraton Yogyakarta pada Desember 1810 yang menyebabkan penurunan paksa Sultan Hamengku Buwono II.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)