Puluhan Sopir Truk Tangki Pertamina Tegal Mogok Kerja

Senin, 19 Juni 2017 - 09:21 WIB
Puluhan Sopir Truk Tangki Pertamina Tegal Mogok Kerja
Puluhan Sopir Truk Tangki Pertamina Tegal Mogok Kerja
A A A
TEGAL - Puluhan sopir truk tangki BBM, Terminal BBM (TBBM) Tegal menggelar aksi mogok sebagai solidaritas terhadap tindakan PHK yang dialami rekan-rekan mereka di sejumlah daerah, Senin (19/6/2017).

‎Aksi mogok digelar di posko yang didirikan tak jauh dari kompleks Terminal BBM Tegal. Dengan penjagaan dari personel kepolisian dan TNI, mereka membentangkan sejumlah spanduk dan poster berisikan tuntutan, di antaranya penghapusan sistem kontrak, dan penerapan 8 jam kerja.

Koordinator aksi Rudi mengatakan, ‎aksi mogok digelar sebagai bentuk solidaritas seruan mogok nasional awak truk tangki di seluruh Indonesia. "Ini aksi solidaritas seruan mogok nasional karena ada rekan-rekan kami yang di-PHK. Kami menuntut mereka kembali dipekerjakan," katanya.

Selain tuntutan tersebut, Rudi melanjutkan, para sopir truk tangki juga meminta agar diangkat sebagai karyawan dengan 8 jam kerja, pemberian THR, dan pembayaran iuran BPJS.

"Selama ini kami hanya kontrak-kontrak terus. Padahal ada yang sudah bekerja hingga 25 tahun. Kami meminta untuk diangkat sebagai karyawan," tandasnya.

Menurut Rudi, aksi di Tegal diikuti sekitar 20 sopir dan awak truk tangki yang bekerja di TBBM Tegal. Aksi akan terus digelar hingga Senin (26/6) sesuai seruan mogok nasional.

Sementara itu, ‎Supervisor TBBM Tegal Erlangga mengatakan, aksi mogok yang dilakukan sopir truk tangki tidak mengganggu distribusi BBM ke SPBU di kawasan pantura barat Jawa Tengah selama arus mudik dan balik Lebaran.

"Pendistribusian BBM tetap berjalan, terutama untuk memenuhi kebutuhan BBM selama arus mudik dan balik," kata Erlangga kemarin.

Menurut dia, terdapat 40 truk tangki yang dioperasionalkan untuk menyuplai BBM ke SPBU di sepanjang jalur pantura Brebes, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Pemalang, dan Pemalang.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8181 seconds (0.1#10.140)