16 Suku di Papua Meriahkan Festival Danau Sentani 2017

Minggu, 18 Juni 2017 - 19:31 WIB
16 Suku di Papua Meriahkan Festival Danau Sentani 2017
16 Suku di Papua Meriahkan Festival Danau Sentani 2017
A A A
SENTANI - Sebanyak 16 suku di Papua dipastikan akan memeriahkan Festival Danau Sentani (FDS) 2017 yang digelar di kawasan wisata Khalkhote, Sentani Timur, Papua, pada 19-23 Juni 2017. Penyelenggaraan festival budaya yang telah menjadi tradisi sejak 2007, ini dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) ke Sentani dan Papua.

Festival ini juga untuk mempromosikan pariwisata berbasis kekayaan alam dan budaya masyarakat setempat. Danau Sentani yang akan dijadikan sebagai tempat berlangsungnya festival ini disulap dan didekorasi sedemikian rupa menjadi indah dan ramah terhadap para wisatawan.

FDS 2017 sebagai festival tahunan yang masuk dalam calender of event pariwisata nasional, ini akan dimeriahkan dengan tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua. Khusus untuk pertunjukan tari-tarian, dibangun ‘panggung’ khusus berupa perahu yang diberi nama Isosolo. Semua pertunjukan berbasis tari berlangsung di atas perahu Isosolo.

"Pariwisata memberikan dampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat. Kegiatan FDS 2017 diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan," kata Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Raseno Arya.

Event FDS 2017 juga dalam rangka promosi penyelenggaraan PON XX Papua, dan tour wisata Danau Sentani untuk melihat obyek wisata budaya, alam dan buatan yang ada di sekitar tepian danau. Kegiatan tur ini paling banyak diminati wisatawan.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Dodi mengatakan, FDS yang masuk tahun ke-10, ini bakal diliput banyak media, baik cetak maupun elektronik. "Peran media tentu sangat strategis, karena bisa turut membantu mempromosikan event ini," kata Dodi.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.3135 seconds (0.1#10.140)