Pj Bupati HSU Dorong Petani Percepat Tanam Guna Penuhi Pangan

Rabu, 27 September 2023 - 11:46 WIB
loading...
Pj Bupati HSU Dorong Petani Percepat Tanam Guna Penuhi Pangan
Sekida HSU Adi Lesmana, saat menghadiri Panen Raya dan Gernas Pecepatan Tanam ke-2 di Kelompok Bina Tanl, Desa Hambuku Pasar, Kecamatan Sungal Pandan. (Foto: dok Pemkab Hulu Sungai Utara)
A A A
AMUNTAI - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) mengungkapkan bahwa Gerakan Nasional (Gernas) percepatan tanam adalah langkah penting menuju kemandirian pangan, pengurangan Impor pangan, serta memastikan akses makanan sehat dan bergizi bagi seluruh warga negara.

Pernyataan ini disampaikan melalui Sekretaris Daerah (Sekida) HSU, Adi Lesmana, saat menghadiri Panen Raya dan Gernas Pecepatan Tanam ke-2 di Kelompok Bina Tanl, Desa Hambuku Pasar, Kecamatan Sungal Pandan, pada Senin (25/9/2023).

PJ Bupati HSU juga menekankan bahwa Gernas percepatan tanam memiliki peran penting dalam upaya mengatasi perubahan lilim dengan membuat pertanian lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan

"Pentingnya sektor pertanian tidak bisa diabaikan, pertanian adalah tulang punggung ekonomi kita, dalam era yang semakin kompleks ini tantangan yang dihadapi petani semakin besar melalui gerakan nasional ini kita memiliki pelüang untuk mendukung petani, mendorong inovasi dalam pertanian, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan lapangan kerja disektor pertanian," ucapnya.

la juga mencatat bahwa sekitar 89 persen dari sumber daya alam di HSU terdiri dari lahan lebak yang berperan penting sebagai penopang produksi beras di Kalimantan Selatan, terutama selama musim kemarau.

"Disaat tipe lahan lainnya seperti irigasi dan tadah hujan tidak bisa berproduksi optimum akibat kekurangan air dimusim kemarau, lahan lebak sudah membuktikan kontribusinya sebagal penyangga produksi beras dikalimantan selatan," tuturnya.

Lebih lanjut, la mengajak semua pihak, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat umum. untuk bersatu dan berkolaborasi dalam gerakan nasional percepatan tanam. Tujuannya adalah menciptakan masa depan yang cerah untuk sektor pertanian.

"Saya ucapkan selamat kepada seluruh petani dan komunitas pertanian yang tergabung dalam kelompok bina tani desa hambuku pasar atas panen yang melimpah ini, semoga hasil panen Ini membawa kesejahteraan bagi kita semua," ujarnya.

Pada kegiatan tersebut, juga hadir Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura, Perwakilan Direktorat Jenderal Ketahanan Pangan. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kallmantan Selatan, Dinas Pertanian HSU Kelompok Bina Tani Deaa Hambuku Pasar serta berbagai pihak terkait lainnya.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)