Baksos Pengobatan Gratis, Relawan Ganjar Proaktif Datangi Rumah Pasien

Senin, 25 September 2023 - 13:29 WIB
loading...
Baksos Pengobatan Gratis, Relawan Ganjar Proaktif Datangi Rumah Pasien
Tim dokter relawan KawanJuang GP memeriksa pasien di rumahnya Kampung Bakom, Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDUNG BARAT - Relawan KawanJuang GP kembali melakukan bakti sosial(baksos) pengobatan gratis di Jakarta dan Jawa Barat. Selain pemeriksaan kesehatan, tim dokter dari relawan pendukung Ganjar Pranowo ini juga berkunjung ke rumah pasien di Jawa Barat pada Sabtu dan Minggu, 23-24 September 2023.

Mereka yang dikunjungi adalah pasien yang tidak bisa berjalan menuju lokasi bakti sosial. Kedua pasien yakni Ilham, 63 tahun dan Mala, 57 tahun, warga Desa Sunten Jaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

"Pak Ilham dan Bu Mala menderita stroke sehingga tidak bisa datang ke lokasi bakti sosial," kata Korlap KawanJuang GP Indra Nugraha, Senin (25/9/2023).

Oleh dokter yang memeriksa, Ilham harus segera mendapat perawatan intensif. Sebab pasien menderita stroke pada Jumat malam dan masih dalam masa golden period. "Semakin cepat dibawa ke rumah sakit besar, maka peluang untuk pulih semakin besar. Karena menurut tim dokter masih masa emas," ujarnya.

"Kami jauh-jauh datang tidak hanya sekedar membawa poster, tapi juga pelayanan kepada masyarakat yang langsung menyentuh berupa kegiatan nyata. Ini dampaknya dirasakan langsung oleh masyarakat," lanjutnya.

Kepala Desa Sunten Jaya Heri mengapresiasi kegiatan yang dilakukan relawan KawanJuang. "Pemeriksaan kesehatan gratis seperti ini sangat dibutuhkan warga," katanya.

Pemeriksaan ke rumah juga dilakukan di Kabupaten Ciamis. Menurut koordinator acara KawanJuang GP di Ciamis, Yushartika ada tiga pasien yang dilakukan home visit oleh tim dokter. Ketiganya menderita stroke.

Selain itu dilakukan pula pemeriksaan kesehatan berupa pengecekan tekanan darah, kolestrol, asam urat dan gula darah. Tim dokter juga memberi obat dan vitamin gratis untuk masyarakat yang membutuhkan.

Pekan ini, relawan KawanJuang GP melakukan pengobatan massal serta senam sehat. Tim tenaga kesehatan memeriksa tekanan darah, kolestrol, asam urat, dan gula darah untuk masyarakat di wilayah DKI Jakarta serta Jawa Barat. Setiap titik bakti social diikuti sekitar 150 peserta yang berasal dari masyarakat sekitar.

Billy Nugraha, salah satu tim dokter relawan Ganjar Pranowo berpesan agar masyarakat rajin berolah raga dan menjaga pola makan. Bila daya tahan tubuh kuat maka penyakit tak mudah datang.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3361 seconds (0.1#10.140)