Legenda dan Asal-usul Gunung Rinjani, Tempat yang Dipercayai sebagai Wilayah Bangsa Jin

Jum'at, 22 September 2023 - 11:47 WIB
loading...
Legenda dan Asal-usul Gunung Rinjani, Tempat yang Dipercayai sebagai Wilayah Bangsa Jin
Gunung Rinjani memiliki legenda dan asal-usulnya yang menarik untuk diketahui. Foto/Instagram @btn_gn_rinjani
A A A
JAKARTA - Gunung Rinjani memiliki legenda dan asal-usulnya yang menarik untuk diketahui. Sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Rinjani masih dalam rangkaian lingkaran api dengan tinggi sekitar 3,7 km di atas permukaan laut.

Menurut kepercayaan beberapa masyarakat Lombok, Suku Sasak, dan Bali, Gunung Rinjani masih dianggap sebagai tempat suci yang dihuni oleh para dewa. Tak heran bila cukup banyak legenda yang menghiasi gunung tersebut.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut legenda dan asal-usul Gunung Rinjani.

Asal-usul Nama Gunung Rinjani


Dilansir dari laman Badan Bahasa Kemdikbud, kata rinjani berarti tinggi dan tegak. Makna kata tersebut tampaknya sesuai dengan kondisi geografis Gunung Rinjani.



Terdapat pula pendapat yang menyebutkan bahwa Rinjani berasal dari kata Rara Anjani yang disingkat menjadi Renjani. Ini nantinya berkaitan dengan legenda gunung tersebut.

Sedangkan bagi masyarakat Sasak, Rinjani disebutkan sebagai pusat kosmos yang merupakan orientasi kosmologis masyarakat sasak pada umumnya dengan menyebutnya sebagai “daya”. Rinjani juga bisa dianggap sebagai simbol ekologis disebut sebagai pasak gumi yang menjamin keharmonisan kehidupan dalam kelestarian dan keseimbangan lingkungan.

Legenda Gunung Rinjani


Gunung Rinjani rupanya tidak hanya menyimpan satu kisah legenda saja. Salah satu legenda yang populer dan dipercayai oleh penduduk sekitar bahwa Gunung Rinjani dihuni oleh bangsa jin yang sebagian besar mereka beragama Islam.



Bangsa jin itu dipimpin oleh ratu jin yang bernama Dewi Anjani. Ratu Jin ini dipercaya bersemayam di puncak gunung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1051 seconds (0.1#10.140)