Irjen Kementan Gelar Dialog di Labuan Bajo untuk Perkuat Ketahanan Pangan Nasional

Kamis, 21 September 2023 - 21:32 WIB
loading...
Irjen Kementan Gelar Dialog di Labuan Bajo untuk Perkuat Ketahanan Pangan Nasional
Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian, Jan S. Maringka meresmikan sumur bor di Desa Pota Wangka, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Foto/Dok.
A A A
MANGGARAI BARAT - Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian, Jan S. Maringka menggelar "Dialog Jaga Pangan" di Desa Pota Wangka, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Kegiatan ini, sebagai bagian dari langkah konkrit dalam memperkuat ketahan pangan nasional.



Maringka menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian integral dari program Kementrian Pertanian (Kementan), untuk mempercepat pembangunan ketahanan pangan di Indonesia.



"Tiga syarat utama untuk mencapai tujuan ini adalah ketersediaan pangan yang cukup, kemudahan akses, dan ketahan pangan. Untuk mencapai hal ini, sinergi antara pemerintah pusat dan daerah adalah kunci," ungkapnya.



Salah satu hal yang membedakan di acara ini, adalah adanya dukungan yang kuat dari Gereja Keuskupan Ruteng. Maringka menyoroti peran penting gereja dalam mendukung petani-petani di daerah ini.

Ia juga menambahkan, hal ini menunjukkan pentingnya kolaborasi lintas sektor, inklusi tokoh agama, dan masyarakat dalam upaya memastikan program-program pertanian pemerintah berjalan dengan efektif dan merata.

Maringka juga menggarisbawahi pentingnya komitmen kepala daerah, dalam mengawasi penerbitan peraturan daerah terkait Lahan Pangan Pertanian Berkelanjutan (LP2B). Hal ini merupakan upaya bersama, untuk melindungi dan mendukung pengelolaan dana desa berbasis pertanian.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4739 seconds (0.1#10.140)