2 Maling Kambing Nyaris Tewas Dihakimi Warga Gunungkidul

Rabu, 20 September 2023 - 12:16 WIB
loading...
2 Maling Kambing Nyaris Tewas Dihakimi Warga Gunungkidul
Warga mengamankan dua maling kambil di Dusun Bekonang, Kalurahan Banjarejo, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
GUNUNGKIDUL - Dua pencuri kambing sempat menjadi bulan-bulanan warga ketika tertangkap tangan melakukan aksinya di Dusun Bekonang, Kalurahan Banjarejo, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (20/9/2023).

Satu orang terpaksa mendapat perawatan intensif di Puskesmas Tanjungsari sementara seorang lagi diamankan di Mapolsek Tanjungsari. Warga yang kambingnya dicuri, Meko (64) menuturkan, tak seperti biasa kambing yang ia tempatkan di kandang alas Porangan ribut.

Anak kambing miliknya berteriak-teriak seolah ada yang menakutkan. Dirinya kaget dan terjaga dari tidurnya. ”Saya bangun, takut kambing saya dimakan binatang buas,” kata Meko kepada wartawan di lokasi kejadian.



Ketika itu, dirinya memang tengah tidur di gubug tengah ladang dekat dengan kandang kambingnya. Dia terbangun karena mendengar suara berisik dari kandang dan langsung melakukan pengecekan ke kandang miliknya.

Sesampainya di kandang, dia terkejut mendapati dua induk kambing sudah dalam keadaan diikat di mana salah satunya sudah dimasukkan ke dalam karung. Tampaknya kambing tersebut hendak dibawa lari pencuri.

Sadar menjadi korban pencurian, Meko kemudian memberitahu warga yang lain. Dan ternyata kambing milik adiknya, Paiman juga hilang 3 ekor. Sontak dia memberitahu adiknya dan bersama-sama melakukan penyisiran.

”Kambing saya ditemukan di ladang pinggir jalan. ditutupi dengan karung dalam keadaan terikat tapi sudah mati,” ungkapnya.



Di dekat kambing yang terikat tersebut, ada sebuah mobil brio warna merah terparkir namun tidak ada pemiliknya. Warga menduga mobil tersebut milik pencuri kambing yang ditinggalkan karena terpergok warga saat mencuri.

Warga kemudian berkoordinasi dengan Polsek Tanjungsari untuk mencari terduga pencuri yang kabur. Tepat di Gubug pinggir jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Saat didekati, kedua orang tak dikenal tersebut justru lari.

Warga kemudian menginterogasi bersangkutan dan dua orang itu mengakui jika merekalah yang mencuri kambing warga Wuluh. Warga yang emosi sempat mengeroyok kedua terduga pelaku tersebut. Beruntung polisi segera datang dan berhasil mengevakuasi keduanya.

Di samping menghakimi pelaku, warga juga sempat melakukan pengrusakan terhadap mobil yang diduga milik pelaku. Setelah ditelusuri mobil Honda Brio tersebut adalah mobil rental dari wilayah Condongcatur Sleman.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3644 seconds (0.1#10.140)