Patih Laman, Pahlawan Rimba asal Riau Wafat di Usia 107 Tahun

Kamis, 11 Mei 2017 - 19:15 WIB
Patih Laman, Pahlawan Rimba asal Riau Wafat di Usia 107 Tahun
Patih Laman, Pahlawan Rimba asal Riau Wafat di Usia 107 Tahun
A A A
PEKANBARU - Kabar duka datang dari Suku Talang Mamak. Seorang sesepuh adat Suka Talang Mamak yang merupakan salah satu asli di pedalaman Riau ini bernama Patih Laman meninggal dunia. Tokoh adat yang selama hidupnya memperjuangkan tanah ulayat dari pemerintah, pihak perusahaan dan para cukong perambah hutan ini tutup pada usia 107.

"Beliau meninggal karena penyakit yang sudah lama dideritanya. Beliau meninggal tadi malam dan dikebumikan pukul 14.00 WIB," kata Gilung (36), Kamis (11/5/2017).

Patih Laman, ayah lima orang anak ini meninggal di rumah anaknya di Talang Durian Cacar, Desa Sei Ekok, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau.

"Kita sangat kehilangan sosok beliau yang selama ini berjuang untuk hutan adat. Selama hidupnya beliau selalu berjuang mempertahankan Hutan Suku Talang Mamak. Tadi semua batin (para pemangku adat) datang semua. Namun untuk pejabat seperti Bupati Inhu maupun pejabat pemkab tidak ada yang datang. Namun ada kepala desa saja yang datang,"ucapnya.

Patih Laman merupakan sesepuh Suku Talang Mamak. Suku asli Riau tersebut selama ini tinggal di dekat Taman Nasional Kawasan Bukit Puluh.

Karena gigihnya mempertahankan rimba dari cukong perambah hutan, penguasaan sejumlah perusahaan akhirnya pada tahun 2003, saat itu Presiden Indonesia yang dimasih dijabat Megawati Soekarnoputri memberikan Piala Kalpataru atau penghargaan tertinggi untuk lingkungan.

Namun belakangan aksi pencaplokan di wilayah tanah leluhur mereka yang jumlahnya ribuan hektare kini dikuasi oleh cukong dan pihak perusahaan kepala sawit. Sejak hutan adat poral poranda, Patih Laman sering sakit sakitan dan akhirnya sekarang meninggal dunia. Selamat jalan pahlawan Rimba.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9974 seconds (0.1#10.140)