KKB Gagal Serang TNI-Polri, Malah Justru Ditangkap Pasukan Raider

Kamis, 14 September 2023 - 20:41 WIB
loading...
KKB Gagal Serang TNI-Polri, Malah Justru Ditangkap Pasukan Raider
Anggota KKB Papua yang akan menyerang aparat di Distrik Sugapa, Intan Jaya ditangkap oleh Pasukan Yonif Para Raider 330/Tri Dharma. Foto/Pen Kogabwilhan III
A A A
INTAN JAYA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua terus berulah dan mengganggu keamanan masyarakat Papua. KKB yang juga sering disebut Kelompok Separatis Teroris (KST) terindikasi akan melakukan penyerangan terhadap aparat keamanan TNI-Polri di Kampung Kumbala Gupa, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Pegunungan.

Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan III Kolonel Czi GN Suriastawa menjelaskan, terungkapnya aksi KKB ini berawal saat Tim Waltis yang dipimpin Dansatgas Pamtas Mobile Yonif Para Raider 330/TD Mayor Inf Dedy Pungky Irawanto melaksanakan patroli. Setelah patroli tim dengan kekuatan 10 orang ini meneruskan perjalanan kembali ke Pos Kotis Mamba.



"Saat Tim Waltis tiba di Jalan Trans Sugapa tepatnya di atas SDN Bilogai, terlihat 2 orang tidak dikenal (OTK) sedang melakukan kegiatan mencurigakan. Dua orang yang berada dengan jarak sekitar 60 meter ini diduga kuat akan melakukan percobaan penyerangan terhadap aparat," kata Suriastawa dalam keterangannya, Kamis (14/9/2023).



Ketika Personel Waltis berupaya mengidentifikasi, salah satu OTK tiba-tiba melarikan diri dengan meloncati pagar sekolah.

Anggota Satgas YPR 330 /TD yang berada di mobil segera bereaksi dengan melakukan 2 kali tembakan peringatan, namun tidak dihiraukan sehingga melanjutkan tembakan dan mengenai lengan salah satu KKB.

Sedangkan seorang KKB bisa melarikan diri mengarah ke Kampung Kumbala Gupa, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.



“Saat ini KST semakin hari semakin tidak terkonsentrasi, mengingat KST masing masing wilayah mempunyai kepentingan untuk kelompoknya sendiri, sehingga terjadi pertentangan diantara mereka sendiri, bahkan mengakibatkan korban jiwa diantara kelompok yang bertentangan. Akibat kepentingan pribadi ini, kelompok KST sehingga mereka bertindak brutal, kasar, melakukan pengerusakan bahkan pembunuhan terhadap masyarakat yang menghalangi kepentingannya,” ujar Kapen Kogabwilhan III.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)